oleh

Dendi Romadhona Terima Anugerah APKT dari Ombudsman

PESAWARAN – Ombudsman Republik Indonesia (RI), memberikan penghargaan Anugrah Predikat Kepatuhan Tinggi (APKT) tahun 2018 terhadap Pemerintah Kabupaten Pesawaran.
Penganugerahan ini merupakan sebuah prestasi, karena sebelumnya Kabupaten Pesawaran masuk Zona Merah di tahun 2017, kini Kabupaten Pesawaran masuk kedalam Zona Hijau dengan nilai 88,55.

Berdasarkan rilis Whatshap Humas Pemda Pesawaran, terdapat 97 pemerintah kabupaten/kota di Indonesia yang masuk zona hijau pada tahun 2018. Untuk Pesawaran penganugerahan diserahkan oleh Ombusman RI kepada Bupati Pesawaran H.Dendi Romadhona, di Auditorium TVRI Jakarta. Untuk Propinsi Lampung, hanya 3 kabupaten yang memperoleh predikat kepatuhan yakni, Pesawaran dan Pringsewu.

Indikator yang membuat Pesawaran masuk zona hijau setelah 1 tahun sebelumnya selalu berada di zona merah adalah karena telah memenuhi kriteria dasar standar pelayanan publik sesuai UU 25 tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik.

Baca Juga :  Komisi IX DPR Minta Gubernur Turunkan Angka Stunting

Kriteria dasarnya antara lain maklumat pelayanan, ruang tunggu yang nyaman dan layak, fasilitas khusus bagi kaum difable, adanya informasi pelayanan publik, adanya ruang menyusui, ruang pengaduan dan adanya petugas khusus pelayanan yang profesional, adanya indikator kepuasan masyarakat terhadap pelayanan dan adanya Standar Operasional Prosedur yang dipatuhi.

Ke 12 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang dinilai standar pelayanan publik oleh Ombudsman RI Perwakilan Lampung adalah Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas PTSP, Dinas Sosial, Dinas ,dinas lingkungan hidup, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dinas Koperasi dan UKM, Dinas pertnian, Dinas Pariwisata, dan Dinas Perdagangan dan Perindustrian, dinas perhubungan. (Mus/JJ)

Tulis Komentar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed