oleh

Bandara Kertajati Targetkan 2,5 Juta Penumpang 2019

JAKARTA – Direktur Utama Bandara Internasional Jawa Barat ( BIJB) Kertajati, Virda Dimas Ekaputra menargetkan 2,7 juta penumpang akan terbang melalui bandara tersebut pada 2019.

Hingga akhir November 2018, baru ada sekitar 25.000 penumpang yang terbang dari BIJB. “(Target di 2019) 2,7 juta penumpang. Saat ini 25.000 (penumpang), karena 2018 masih mencoba mengenalkan, ya mudah-mudahan bisa jalan secara lebih masif 2019,” ujar Virda di Jakarta, Selasa (11/12/2018).

Virda mengakui pada hari-hari normal penerbangan di BIJB masih kurang dinikmati. Tingkat keterisian penumpang atau load factor dalam satu pesawat di hari normal baru sekitar 50 persen.

“Persentase kalau weekday (hari kerja) mungkin (load factor) masih 50 persen ke bawah, kalau weekend bisa 70 persen ke atas,” kata Virda. Atas dasar itu, lanjut Virda, pihaknya akan gencar melakukan sosialisasi untuk menarik minat masyarakat terbang melalui BIJB.

“BIJB sendiri mau pindah kantor ke Majalengka. Terus kita mau bikin semacam kantor-kantor perwakilan di kota-kota Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan) untuk mendekatkan dengan konsumen, mensosialisasikan dan menarik mereka untuk bisa datang menjadi penumpang,” ucap dia.

Saat ini baru 5 rute penerbangan yang beroperasi di Bandara Kertajati, yakni Maskapai Citilink dengan rute penerbangan menuju Surabaya setiap hari serta Medan tiga kali sepekan setiap Rabu, Jumat, dan Minggu. Selain itu Trans Nusa melayani rute Bandar Lampung dan Semarang dua kali sepekan setiap Minggu dan Senin.

Adapun Lion Air melayani penerbangan internasional khusus umrah dua kali sepekan setiap Sabtu dan Minggu. Rencananya, Garuda Indonesia akan melayani tiga rute penerbangan di Bandara Kertajati, Majalengka, mulai pekan depan.

Garuda akan melayani rute penerbangan menuju Bandar Lampung, Palembang, serta Balikpapan. Rute penerbangan Bandar Lampung dan Palembang merupakan rute terhubung Kertajati-Bandar Lampung-Palembang dalam 3 kali sepekan. Jadwal penerbangannya setiap Selasa, Kamis, dan Sabtu. Sementara untuk rute Kertajati-Balik Papan akan beroperasi mulai 21 Desember 2018 dalam 2 kali sepekan setiap Senin dan Jumat.kps

Tulis Komentar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed