oleh

Kerja Gigih Yustin Berbuah Manis

” Ibu Negara Puji Keberhasilan Program Indonesia Bebas Kanker Serviks dan Payudara di Lampung “

KEBERHASILAN Pemerintah Provinsi Lampung mewujudkan wanita Indonesia bebas kanker serviks dan payudara melalui Inspeksi Visual Asetat (IVA) dan pemeriksaan payudara (Sadanis) mengundang perhatian Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Ibu Mufidah Jusuf Kalla. Kagum dengan keberhasilan itu, keduanya bersama Ibu Yustin Ridho Ficardo, dan rombongan Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE) datang langsung mendatangi Puskesmas Tanjung Sari, Lampung Selatan, Rabu (12/12) siang.

Puskesmas Tanjung Sari merupakan salah satu puskesmas terakreditasi di Kementerian Kesehatan dan terbaik dalam penanganan IVA Test dan Sadanis. Puskesmas ini pernah menjadi juara lomba UKS tingkat nasional.

Baca Juga :  Atlet Perbakin Lampung Sabet 2 Juara Umum sekaligus

Untuk diketahui, Test IVA dan Sadanis berfungsi untuk mencegah sekaligus mendeteksi dini kemungkinan wanita dewasa mengindap penyakit kanker serviks atau leher rahim. Test IVA dan Sadanis penting diikuti oleh semua wanita dewasa terutama yang sudah menikah

Kampanye Indonesia bebas kanker serviks dan payudara melalui IVA Test dan SADANIS gigih dikampanyekan Yustin Ridho Ficardo selama empat tahun. Hasilnya, Lampung berhasil memperoleh nilai tertinggi dengan tingkat keberhasilan 97%.

Keberhasilan ini tak lepas dari dukungan Pemprov Lampung melalui Gubernur Lampung M Ridho Ficardo yang telah menggelontorkan dana sejumlah Rp15 miliar untuk pengadaan alat Krayo Therapy yang dibagikan ke seluruh puskesmas kabupaten/kota se-Provinsi Lampung. Krayo adalah alat pendeteksi kanker serviks dan payudara pasca melakukan IVA Test dan Sadanis.

Baca Juga :  SE Gubernur Soal Belajar Tatap Muka Segera Terbit

“Kami senang dengan keberhasilan ini dan kami berharap Lampung menjadi contoh bagi provinsi lain,” puji Ibu Iriana. (*/ria)

Tulis Komentar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed