oleh

E-KTP tak Terpakai Dimusnahkan

PESAWARAN – Dalam rangka tertib administrasi dan upaya peningkatan kualitas pelayanan serta penyalahgunaan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pesawaran, musnahkan 3701 KTP Elektronik yang tak terpakai.
Kepala Disdukcapil Kabupaten Pesawaran, Ketut Partayasa menjelaskan, kegiatan Pemusnahan tersebut berdasarkan Surat Kemendagri (13/12) bahwa seluruh Disdukcapil seluruh Indonesia melakukan pembakaran KTP.

“Ya kita laksanakan kegiatan pemusnahan ataupun pembakaran KTP Elektronik ini lantaran adanya surat dari Kemendagri, dan hal ini dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia,” Jelas dia.
Dijelaskan dia lagi, KTP yang dibakar tersebut jumlahnya sebanyak 3701 yang sudah terpakai, seperti KTP yang rusak, KTP yang berubah status.
“Kan ada KTP yang statusnya berubah dari belum kawin menjadi kawin, dan yang rusak, dan beberapa hal lainnya,” kata dia.

Selain itu, kata dia, dalam penertiban Administrasi, Disdukcapil Pesawaran juga mempunyai inovasi terbaru, guna memerangi Pungli, seperti pemberian reward bagi siapapun yang menemukan pegawai Dinas setempat yang meminta uang kepada masyarakat.

Baca Juga :  Menteri KKP Edhy Prabowo Terjaring OTT KPK

“Saat ini kita sudah perketat peraturan untuk pembuatan KTP atau Administrasi kependudukan lainnya jika tidak orangnya sendiri yang mengurus harus menggunakan surat kuasa, jika tidak makan tak akan dilayani, dan bagi siapapun masyarakat ada menemukan pegawai Disdukcapil memungut biaya dalam pembuatan admin suka, dengan buktinya nggak akurat, maka akan diberi reward, dan pelakunya jika honor akan diusulkan dipecat, jika ASN makan diusulkan ke bupati untuk di Nonjob,” ucap dia. (Toni/Mus/JJ)

Tulis Komentar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed