oleh

Fantastis! Alokasi Dana Desa Lampung 2019 Rp2,4 Triliun

BANDARLAMPUNG – Alokasi Dana Desa 2019 untuk Pemprov Lampung naik fantastik hingga 76,1 persen. Tahun ini Lampung ‘ketiban’ Rp2,4 triliun, sementara 2018 lalu Rp1,9 triliuan. Kemana Dana Desa sebanyak itu akan disalurkan?

Sekretaris Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Lampung, Syifa, Selasa (8/1) belum bisa menjelaskan detilnya, termasuk tahapannya.

Syifa baru bisa mengira-ngira dana desa disalurkan dalam empat tahap. Dari hasil pengamatannya, ia mendorong pemerintah daerah lebih memprioritaskan penggunaan dana desa untuk sektor kesehatan.

Alasannya; sarana dan prasarana kesehatan di desa masih minim.

”Kebutuhan pada layanan kesehatan mendesak untuk dipenuhi,” tegas Syifa.

Sesuai Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi No. 05/2015 dan Penetapan Prioritas Penggunaan Dana Desa tahun 2015, dana desa untuk mendanai pelaksanaan kewenangan berdasarkan hak asal usul dan kewenangan lokal berskala desa yang diatur dan diurus oleh desa.

Baca Juga :  Warga Sekitar Keluhkan Debu Proyek Perluasan Lapangan Golf Sukarame

Salah satunya adalah Pelayanan Dasar Desa yang meliputi pengembangan Pos Kesehatan Desa (Poskesdes).

Pada 2018 lalu, sebanyak 2.435 desa yang tersebar di 203 kecamatan dan 13
kabupaten se-Provinsi Lampung mendapat alokasi dana desa sebesar Rp1,9 triliun.
.
Sebelumnya, Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo mengarahkan agar pengunaan dana desa mencakup bidang kegiatan Badan Usaha Milik Desa, embung, produk unggulan, dan sarana olah raga sesuai Permendes Nomor 4 Tahun 2017 tentang tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 tentang Penetapan Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2017.(iwa)

Tulis Komentar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed