oleh

103 Tiyuh Bakal Diguyur Bibit Unggul Ayam Kampung

TULANGBAWANG BARAT- Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) melalaui Dinas Pertenakan setempat, akan bagikan 60 ribu ekor ayam kampung unggul asli Tubaba kepada 103 Tiyuh dari 9 Kecamatan se-Kabupaten.

60 ribu ekor ayam kampung unggul asli Tubaba tersebut ditujukan kepada Rumah Tangga Miskin (RTM), sebagi upaya pengoptimalisasi penanggulangan kemiskinan masyarakat.
” 60 ribu ekor anak ayam kampung itu akan dibagikan langsung kepada masyarakat di sembilan kecamatan yang tersebar pada 103 Tiyuh (Desa). Ini sebagai upaya mengurangi angka kemiskinan terhadap masyarakat,” kata Kepala Dinas Peternakan Tubaba Nazaruddin, Rabu (9/1) kemarin.
Dia menjelaskan, pada tahun 2018 lalu Pemkab Tubaba, terlebih dahulu merealisasikan bantuan sebanyak 40 ribu ekor ayam kampung unggul asli Tubaba kepada masyarakat dengan anggatan Rp1 miliar.

“Program 2019 ini, melanjutkan program pengembangan secara berkelanjutan yang telah dilakukan 2018, tahun ini memberikan bantuan sebanyak 60 ribu ekor ayam kampung unggul, yang akan didistribusikan kepada rumah tangga miskin,”jelasnya.
Masyarakat penerima bantuan hibah ayam kampung tersebut, kata Nazaruddin pihaknya, hanya berpedoman pada data yang dimiliki Dinas Sosial Tubaba, berdasarkan jumlah data RTM yang ada, kurang lebih sekitar 13 ribu Kepala Keluarga (KK).

Baca Juga :  Chrisna Putra Cek Pelaksanaan Rapid Test PTPS

“Nanti kita akan sesuaikan dengan data penerima layak dan tidaknya masyarakat penerima bantuan tersebut, jika masih ada masyarakat miskin yang belum kebagian program tersebut, kami berharap masyarakat bersabar, karena program ini insyaallah dilakukan setiap tahun,”cetusnya.
Bagi penerima bantuan hibah lanjutnya program tersebut, sesuai dengan ketentuan, setiap kepala keluarga RTM akan menerima 10 ekor ayam kampung unggul.
“Kita harapkan kepada semua masyarakat penerima program pengembangan ayam kampung unggul ini, bisa bermanfaat dan proses dipeliharaan dapat dilakukan dengan baik serta dapat di kembangkan,”Imbuhnya. (Son/JJ).

Tulis Komentar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed