oleh

Selisih Kian Tipis, BPN Prabowo Sandi Yakin Menang

Lembaga survei Media Survei Nasional (Median) merilis hasil survei terbaru terkait elektabilitas capres/cawapres. Temuan dari survei tersebut diketahui, pasangan calon nomor urut 01, Joko Widodo-Ma’ruf Amin, dan pasangan nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, kian menipis.

Dari survei diketahui, elektabilitas Jokowi-Ma’ruf kini sebesar 47,9 persen dan Prabowo-Sandiaga 38,7 persen. Sehingga, menurut Rico, perbedaan elektabilitas keduanya menjadi 9,2 persen.

“Selisih elektabilitas kian menipis. Suara pasangan Jokowi-Ma’ruf relatif terlihat stagnan, sedangan Prabowo-Sandiaga tumbuh namun relatif lambat,” kata Direktur Eksekutif Median Rico Marbun di bilangan Cikini, Jakarta Pusat, Senin (21/1).

Sebelumnya, pada hasil survei Median per November 2018, diketahui tingkat elektabiliatas Jokowi-Ma’ruf mencapai 47,7 persen sedangkan Prabowo-Sandiaga 35,5 persen. Selisih elektabilitas keduanya kala itu masih dua digit.

Baca Juga :  KPPS Wajib Rapid: Yang Reaktif Diganti

Sementara Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno, Suhud Alynudin mengungkapkan, jelang kurang dari tiga bulan waktu pemilihan presiden (pilpres), BPN telah memetakan potensi suara yang akan membawa Prabowo-Sandi menang di 17 April 2019 mendatang. Keyakinan Prabowo-Sandi mendapat suara lebih ini setelah BPN melihat hasil survei internal di mana pasangan calon (paslon) pejawat yang stagnan di bawah 50 persen.

Dengan hasil survei Jokowi-Ma’ruf Amin dibawah 50 persen tersebut, ada selisih yang tidak terlalu jauh yang bisa dikejar tim Prabowo-Sandi. Alasannya, jumlah swing voters masih tinggi.

“Secara umum kami hanya perlu fokus di Pulau Jawa, terutama provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Karena kedua provinsi itu akan penentu selisih perolehan suara,” kata Suhud kepada wartawan, Senin (21/1).

Baca Juga :  Yusuf Kohar Dapat Gelar Adat Raja Memerintah Mangkunegara

Ia mengungkapkan, lumbung suara besar untuk kemenangan Prabowo-Sandi tetap berada di Jawa Barat, Banten dan DKI Jakarta. Dan di luar Pulau Jawa, seperti di Sumatra, BPN sangat optimis mampu mengungguli perolehan suara dari pejawat, paslon nomor 01 Jokowi-Ma’ruf Amin.

“Luar Jawa kami optimistis bisa mengungguli,” ujarnya.(dbs/iwa)

Tulis Komentar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed