oleh

Pesawaran Tujuan Wisata Favorit Sadar Wisata Masyarakat harus Meningkat

Bandarlampung – Kabupaten Pesawaran merupakan daerah tujuan wisatawan nusantara baik dari ibukota, Lampung, Sumbagsel, Jabar bahkan wisatawan asing. Namun perlu didukung dengan budaya sadar wisata masyarakat harus meningkat.

Hal itu diungkapkan Ir.Firman Rusli tokoh adat masyarakat Pesawaran yang juga pejabat PUPR Pesawaran dan Ketua Umum Pokdar Hukum Lampung di Bandarlampung, Minggu.

Firman menjelaskan, kawasan pantai, pulau dan pegunungan di Kabupaten Pesawaran merupakan daerah yang sangat potensial sebagai obyek wisata alam, wisata bahari, wisata petualangan dan hobi maupun wisata budaya.

Sudah banyak pengusaha dan investor yang membangun kawasan wisata di sepanjang pantai Pesawaran maupun pulau-pulau di daerah ini. Sudah banyak pengusaha yang membangun villa-villa, homestay, hotel maupun penginapan sebagai sarana menunjang obyek wisata, ujarnya.

Dia memberi contoh Pulau Tegal, Tanjung Putus, Pohawang, Teluk Kiluan dengan atraksi lumba-lumbanya. Kemudian kawasan hutan pegunungan banyak sekali lokasi air terjun yang berpotensi sebagai obyek wisata. Kemudian kawasan pedesaan sebagai lokasi wisata budaya dan adat tradisional Lampung Pesawaran.

Diakui, menurut data sudah ribuan wisatawan Nusantara setiap tahun terutama asal Jakarta dan Jawa Barat setiap weekend atau akhir pekan banyak yang datang ke Lampung terutama ke lokasi obyek wisata Pesawaran.

Mereka banyak yang ke Teluk Kiluan, Pohawang, Pulau Tegal, Tanjung Putus dan lain-lain.Bahkan tingkat hunian hotel-hotel di Bandarlampung meningkat tajam, katanya.
Karena itu meningkatnya wisnu ke Pesawaran harus diimbangi dengan budaya sadar wisata masyarakat lokal yang meningkat. Termasuk berperan dalam menjaga keamanan wisatawan nusantara maupun asing yang berkunjung ke daerah tersebut.

Pemkab juga akan mendorong pembangunan pariwisata di Pesawaran dari sisi pembangunan infrastruktur jalan dan sarana prasarana lainnya dalam menunjang daerah tujuan wisata. Selain itu pariwisata akan memicu pertumbuhan ekonomi masyarakat dan PAD Pesawaran dari retribusi pajak daerah maupun PBB.

Bahkan pariwisata akan menumbuhkan ekonomi kreatif, meningkatkan pendapatan masyarakat dan penyerapan lapangan kerja. Saya optimis Pesawaran akan bertambah maju karena sebagai DTW yang harus didukung oleh masyarakatnya, ujar dia.
Masyarakat diharapkan jangan buat malu Pesawaran, karena daerah ini makin banyak dikunjungi wisatawan. Pihaknya berharap masyarakat, para kades dan aparat keamanan bisa menjaga daerah ini kondusif dari perilaku kriminalitas, kata dia. Sbn.com

Tulis Komentar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed