oleh

Labuhan Maringgai – Bojanegara Diusulkan Hubungan Kapal Feri

Bandarlampung – Pemerintah Kabupaten Lampung Timur dan Provinsi Lampung agar mengusulkan transportasi kapal feri yang menghubungkan Labuhan Maringgai Lamtim) – Bojanegara (Banten).

Hal itu diungkapkan Himawan Ali Imron, anggota DPRD Provinsi Lampung Dapil Lamtim, Rabu (29/1). Imron beralasan usulan transportasi Labuhan Maringgai – Bojanegara sebagai jalur alternatif.

Dikatakan, jalan raya lintas timur Sumatera sudah semakin lancar dan padat terutama untuk angkutan logistik Jawa- Sumatera. Apalagi kepadatan lalu lintas saat bulan puasa jelang lebaran maupun Natal Tahun Baru.

Alangkah bagusnya Pemprov Lampung membuat usulan transportasi penyeberangan kapal feri yang menghubungkan Labuhan Maringgai dengan Pelabuhan Bojanegara Banten, kata politisi Golkar ini.

Menurut Imron, pembangunan dermaga penyeberangan kapal feri di Labuhan Maringgai bisa dilakukan Kementerian Perhubungan. Sedangkan lahannya disiapkan pihak Pemprov dan Kabupaten Lampung Timur untuk biaya pembebasan lahan masyarakat.

Pihaknya optimis jalur penyeberangan Labuhan Maringgai-Bojanegara semakin prospektif dimasa depan. Sekaligus mengurangi kepadatan lalu lintas penyeberangan Bakauheni-Merak.

Pola pembangunan bisa dikerjasamakan dengan pihak swasta dengan ssistem JO (Joint Opration) atau kerjasama bisnis. Pihak ASDP juga bisa melakukan investasi pembangunan dermaganya dan pengadaan kapal feri dilakukan pihak swasta, ujarnya.

Menurut Imron, pembangunan lintas penyeberangan Labuhan Maringgai- Bojanegara bisa memicu kawasan Lampung Timur sebagai daerah industri dan pertumbuhan ekonomi daerah ini akan meningkat, ujar dia. sinarlp.com

Tulis Komentar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed