oleh

Alay, Buronan Kakap Dibekuk di Bali

BANDARLAMPUNG-Buronan kelas kakap Sugiarto Wiharjo alias Alay, akhirnya berhasil ditangkap di sebuah hotel di Tanjung Benoa, Bali. Terpidana 18 tahun penjara atas kasus pembobol APBD Lampung Tengah dan Timur dengan total Rp119 miliar ini dilakukan tim Kejaksaan Bali.
Terkait penangkapan komisaris utama BPR Tripanca Setyadana Lampung ini, Kejaksaan Tinggi (Kejati) Lampung membenarkan.

“Terkait berita penangkapan Alay, kami akan segera berkoordinasi dengan Kejati Bali,” ungkap Kasipenkum Kejati Lampung Agus Ariwibowo, seraya menegaskan belum bisa memmastikan kapan Alay akan tiba di Lampung.
“Nanti dikabarkan,” jelasnya.

Kasi Penkum Kejati Bali Edwin Beslar menjelaskan, Alay diamankan saat masih bersama keluarga di Novotel, Tanjung Benoa, Bali.
“Jadi kami mengamankan terdakwa ini pada saat bersama keluarga sedang di restoran Hotel Novotel, Tanjung Benoa, sekitar pukul 15.00 Wita dipimpin Asintel dan tim dari KPK,” kata Edwin Beslar, dilansir Detik.com.
Menurut Edwin Beslar, Alay melakukan perjalanan darat bersama keluarganya menggunakan Alphard bernopol L dari Jember dan transit di Bali untuk berangkat ke Lombok.

Baca Juga :  Lampung segera Simulasi Uji Coba Vaksin Covid-19

“Kami mendapat informasi bahwa terpidana ini berada di Bali dan kami mengikuti terdakwa dan kami dapati terdakwa di Novotel, Tanjung Benoa,” kata Edwin.

Sebagaiman diketahui, Mahkamah Agung (MA) menjatuhkan vonis hukuman 18 tahun penjara terhadap Bos Tripanca Group, Sugiarto Wiharjo alias Alay. Sebelumnya, Alay telah dijatuhi hukuman lima tahun penjara oleh Pengadilan Negeri (PN) Tipikor Tanjungkarang. Alay lalu mengajukan banding ke Pengadilan Tinggi Lampung.

Alay saat menjadi Komisaris Utama BPR Tripanca Setyadana Lampung membobol kas hingga Rp 119 miliar. Uang itu merupakan tabungan APBD Lampung Timur dan Lampung Tengah. Akibat perbuatannya, Alay merugikan kas APBD hingga Rp 119 miliar. Berdasarkan putusan MA Nomor 510/K/PID.SUS/2014 tanggal 21 Mei 2014, Alay dijatuhi vonis 18 tahun penjara. (Red/Dtk/JJ).

Tulis Komentar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed