oleh

Sindikat Pencuri Toko Emas Antar-provinsi Digulung

PALEMBANG – Jajaran Polsek Ilir Timur I Palembang, Sumatera Selatan, menangkap 16 orang pelaku yang merupakan sindikat pencuri toko emas antar-provinsi.

Para tersangka diketahui melakukan aksi di dua tempat sekaligus, yakni di mal Palembang Tread Center (PTC) dan Pasar 16 Palembang.
Dari 16 orang pelaku yang diamankan, 9 adalah laki-laki dan 7 wanita. Para pelaku merupakan sindikat 3 daerah, Sumut, Riau, dan Jawa Timur.

Kapolresta Palembang Kombes Pol Wahyu Bintono Haribawono, Kamis mengatakan, dalam beraksi, komplotan tersebut dibagi dua kelompok. Pada kelompok pertama, dipimpin oleh Sudarmanto (41) warga Tebing, Sumatera Utara (Sumut), dengan anggota Sukirman (65) warga Tebing Sumut.

Kemudian Rudi Winoto (25) warga Bagan Ratu Riau, Supriyadi (30) warga Tebing, Sumut, Novita Engga (23) warga Gersik, Jawa Timur (Jatim), Nur Afni (27) warga Bagan, Sumut, Ningsih Wahyuni (30) warga Tebing Sumut, dan Widia Pratiwi (17) warga Medan, Sumut.

Baca Juga :  Diduga Aniaya Istri, Ibenu Soleh Diringkus Polisi

Untuk kelompok ini beraksi di Pasar 16 Ilir Palembang. Pada kelompok kedua dipimpinan Subiantoro (41) warga Tebing Sumut, dengan anggota Suharyanto (37) warga Tebing Sumut, Edi Bungsu (39) warga Sei Rempah Sumut, Triyana Wati (41) warga Tebing Sumut, Melda Sari Pakpahan (24) warga Labuan Batu Medan, Leli Alantika Sari (26) warga Surabaya.

Kelompok ini melakukan pencurian di PTC Mall Palembang. “Setelah mereka beraksi, berhasil kita tangkap. Dalam beraksi, pelaku hanya menggunakan pisau yang telah dimodifikasi, serta kawat untuk mengambil emas yang ada di dalam etalase toko,” kata Wahyu, Selasa (5/2/2019).

Dari hasil pemeriksaan, kelompok ini telah beraksi di beberapa daerah seperti Kota Padang Sumatera Barat (Sumbar), dan Medan, Sumatera Utara (Sumut). Dalam aksinya, para tersangka berbagi peran, di mana ada pelaku yang merusak lem kaca etalase toko, dan para pelaku lain menutupi aksi para rekannya tersebut.

Baca Juga :  Polres Tanggamus Berhasil Tangkap Bandar Sabu Sekaligus Pelaku Curas

“Mereka datang ke toko emas dan pura-pura menjadi pembeli. Untuk tersangka wanita ada yang mengalihkan pandangan pemilik emas,” ujar dia. Selain itu, Abdullah Zahir (55), warga Jalan Makrayu Lorong Sekolah, Kelurahan 32 Ilir Palembang, yang menjadi penjual emas hasil curian di Pasar 16 Palembang ditangkap.

Lalu Farhan Hafmi (39), warga Perum Pemkot Blok AJ Kelurahan Gandus, Kecamatan Gandus, yang jadi penadah hasil pencurian emas curian di PTC juga ditangkap petugas. “Untuk Polresta Padang dan Medan, sudah kita koordinasikan untuk kasus ini. Sekarang masih dikembangkan, karena diduga ada lokasi lain,” ujar Kapolres. kps

Tulis Komentar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed