oleh

DPRD Semarang Pelajari Penerapan SLTR di Pringsewu

PRINGSEWU – Sepuluh anggota Komisi D DPRD Kabupaten Semarang , Jawa Tengah melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Kabupaten Pringsewu. Kunjungan kerja ini adalah dalam rangka mempelajari pelaksanaan pembangunan bidang kesejahteraan masyarakat dan penerapan Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu (SLRT) di Kabupaten Pringsewu, Rabu (20/2).

Bupati Pringsewu Hi.Sujadi dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang dan terimakasih kepada jajaran DPRD Kabupaten Semarang yang telah datang serta memilih Pringsewu menjadi rujukan terkait pembangunan bidang kesejahteraan masyarakat dan penerapan Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu atau SLRT. “SLRT merupakan sistem pengidentifikasi kebutuhan masyarakat miskin dan rentan. Sistem ini diakui banyak membantu Pemkab Pringsewu dalam mengidentifikasi keluhan masyarakat,” katanya.

Melalui SLRT, kata bupati, pembaruan data bisa dilakukan secara seketika, diantaranya melakukan pembaruan data penyandang masalah kesejahteraan sosial, kemiskinan, serta penerima bantuan iuran secara real time.

Baca Juga :  Chrisna Putra Cek Pelaksanaan Rapid Test PTPS

Bupati Pringsewu dalam kesempatan tersebut juga memaparkan sekilas profil Kabupaten Pringsewu, dimana kabupaten yang dibentuk berdasarkan UU No.48 Tahun 2008 ini, pada tanggal 3 April nanti, baru genap berusia sepuluh tahun. “Pringsewu memiliki luas wilayah paling kecil dibandingkan kabupaten lainnya di Provinsi Lampung yakni hanya 625 km2, berpenduduk 397.319 jiwa dengan penggerak utama roda pekonomian adalah bidang pertanian, perdagangan dan jasa,” paparnya.

Sementara itu, Ketua rombongan DPRD Kabupaten Semarang yang juga Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Semarang Resa Haribowo, S.T. pada kesempatan tersebut menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi kepada Bupati Pringsewu Hi.Sujadi Fauzi, S.E., M.Kom., Akt., C.A. yang telah menerima kedatangannya beserta rombongan dengan baik dan penuh keramahan.

Baca Juga :  KPU Waykanan Cerdaskan Pemilih Pemula

Dikatakannya, tujuan kunjungannya ke Kabupaten Pringsewu adalah dalam rangka melihat dan menggali informasi sebanyak-banyaknya tentang pelaksanaan pembangunan di bidang kesejahteraan dan penerapan Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu, dimana Pringsewu merupakan salah satu dari beberapa kabupaten dan kota di Indonesia yang telah menerapkan sistem tersebut dan dinilai cukup berhasil.

“Sehingga nantinya diharapkan apa yang diperoleh selama kunjungan kerja ini, dapat ditiru dan coba diaplikasikan di Kabupaten Semarang, yang disesuaikan dengan kondisi di Kabupaten Semarang,” ujarnya. Pada kesempatan tersebut, juga dilakukan saling tukar-menukar cinderamata diantara Bupati Pringsewu dan Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Semarang. (Her/JJ).

Tulis Komentar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed