oleh

Waspada, Udang dan Kerang Busuk Beredar di Carrefour

BANDARLAMPUNG- Hati-hati berbelanja di Carrefour Transmart Lampung, pasalnya Tim Satgas Pangan Kota Bandarlampung, menemukan udang busuk dan kerang tidak layak konsumsi, saat Sidak, Selasa (19/2). Atas temuan itu, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Lampung mendesak tim Satgas Pangan memberikan sanksi tegas terhadap Carrefour.
“Kami minta temuan ini harus ditindaklanjuti. Harus ada tindakan tegas,” kata Ketua YLKI Lampung, Subadra Yani, Rabu (20/2).

Menurut Subadra, cukup banyak payung hukum yang bisa menjadi dasar pemberian sanksi bagi pelanggar aturan tentang peredaran dan penjualan makanan. Seperti UU Pangan, UU Perlindungan Konsumen, Peraturan Menteri Perdagangan dan aturan-aturan lainnya.

“Banyak payung hukumnya kok. Tunggu apa lagi. Ini temuan serius, jangan cuma pembinaan-pembinaan melulu,” tegasnya.
Pernyataan tegas yang mirip sama juga dilontarkan Ketua Komisi IV DPRD Kota Bandarlampung, Handri Kurniawan.

Baca Juga :  Empat Fokus Kebijakan Pemerintah dalam APBN 2021

“Dengan adanya temuan ini, seharusnya pihak terkait lebih serius lagi menggencarkan pengawasan obat dan makanan yang beredar di pasaran.
“Dinas terkait harus tegas. Harus ada sanksi agar kejadian serupa tidak terulang. Apalagi mall Transmart diketahui sudah dua kali sidak ditemukan persoalan yang sama, yaitu terdapat makanan tak layak konsumsi yang dijual.

Temuan udang di Transmart didapati dalam kondisi berpenyakit jamur, serta udang dan kerang yang sudah membusuk ditemukan tercampur dengan yang masih segar. Selain itu ditemukan juga sejumlah produk makanan yang izin edarnya tidak sesuai.
Terkait pemberitaan ini, pihak Carrefour belum berhasil dikonfrimasi. (Tim/JJ).

Tulis Komentar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed