Diskominfo Sosislisasi Pemanfaatan SID

16

PESAWARAN – Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Pesawaran sosialisasikan pemanfaatan Sistem Informasi Desa (SID) kepada oprator desa yang ada di kabupaten setempat.

Kabid Pemberdayaan e-Goverment Diskominfo Pesawaran, Gunadi Lilik menjelaskan, kegiatan sosialisasi pemanfaatan Open Sid dilakukan untuk para oprator desa mengoperasikan aplikasi tersebut, yang tujuannya untuk mempermudah dan memperlancar kinerja desa.

“Misalnya, aplikasi data kependudukan, seperti Pengelolaan data kependudukan yang dapat dilakukan secara cepat dan efektif, kemudian administrasi penyuratan, aplikasi pemerintah desa yang bisa digunakan untuk pengelolaan kas umum desa dengan cepat dan didokumentasikan, serta statistik desa yang dapat digunakan untuk mendukung laporan serta transparansi desa,” ucap dia, saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (21/2).

Saat ini, kata dia, yang sudah menjalankan SID ada 3 desa diantaranya, Desa Hanura, Gunung Rejo dan Desa Tri Rahayu, sementara desa yang lain saat ini baru mulai menggunakannya di tahun ini.

“Kita baru laksanakan sekali pada hari ini, setelah kita informasikan kepada Grup Desa dan surat melalui Kecamatan beberapa waktu lalu, kuota yang disediakan sebenarnya 12, tapi karena ada antusiasnya desa yang mengikuti kelas saat ini ada 15 peserta,” ucap dia.

Kemudian, lanjut dia, kedepannya tetap akan dibuka kelas dengan disiapkan narasumber jika ada permintaan dari desa untuk belajar pemanfaatan dan penggunaan SID itu.

“Kita lihat dulu respon dari desa, kita undang dan surati, kalau memang banyak yang mau mengikuti, kita akan laksanakan secara berkelanjutan, kemudian untuk yang akan menambah lagi oengetahuannya di bidang tersebut, tetap akan kita akomodir,” tutur dia. (Toni/Mus/JJ).