oleh

HPSN, Prajurit Yonif 9 Marinir Bersih-Bersih Desa

BANDARLAMPUNG-Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), Prajurit Batalyon Infanteri (Yonif) 9 Beruang Hitam Marinir mengajak masyarakat untuk bersih desa, Kamis (21/2).

Kegiatan ini dilaksanakan serempak pada 2 desa yakni, Desa Sukaraja, Kecamatan Bumi Waras Bandar Lampung dan Desa Dantar, Kecamatan Padang Cermin, Pesawaran.

Mayor Mar Piski A.P selaku Wakil Komandan Yonif 9 Marinir mewakili Komandan Yonif 9 Marinir, Letkol Mar Syamsul Bahri menyampaikan HPSN diperingati sebagai motivasi utama dalam pengelolaan sampah.
“Ini juga sebagai upaya pendorong dan semangat bersama masyarakat sebagai pedoman pengelolaan sampah secara terintegrasi hulu ke hilir. Maka Kebijakan dan Strategi Nasional (Jakstranas) pengelolaan sampah rumah tangga terjadi dengan adanya sinergi antara masyarakat setempat dan lingkungan sesuai program yang dicanangkan oleh pemerintah,” ucapnya.

Baca Juga :  Warning! Zona Merah Untuk Lampung Selatan

Adapun peringatan Hari Peduli sampah Nasional tahun 2019 ini mengusung tema ‘Kelola Sampah Untuk Hidup Bersih Sehat dan Bernilai’ dengan beberapa sub tema meliputi sinergi upaya kelola sampah oleh masyarakat, dunia usaha dan pemerintah serta partisipasi masyarakat modal sosial utama hidup bersih dan sehat sehingga memunculkan paradigma baru sampah sebagai sumber daya menjadi usaha produktif utama rumah tangga dan usaha kecil dari bahan dasar sampah.

“Berkaitan dengan hal tersebut diharapkan kepada seluruh komponen masyarakat yang ada di Desa Sukaraja dan Desa Dantar untuk mengambil peran secara aktif dan nyata berkontribusi menjaga di Iingkungan masing-masing,” kata dia.

Hal ini tentunya dapat terlaksana jika seluruh lapisan masyarakat dan stake holder terkait berkontribusi mengambil peran secara aktif dan tidak semata-mata diserahkan kepihak tertentu saja.

Baca Juga :  Terkait Sengketa Tanah, Mantan Anggota DPRD Kota Metro Lapor Polisi 

“Sekali lagi saya mengajak kepada kita semua, untuk memulai dari diri kita sendiri untuk ikut ambil bagian daIam mewujudkan kota Bandar Lampung bersih sampah dengan membuang sampah pada tempatnya dan meminimalisir jumlah sampah yang kita buang,” jelasnya.

“Marilah kita menyayangi lingkungan dengan membersihkannya dari sampah untuk keberlangsungan hidup kita dan anak cucu kita nantinya,” pungkasnya. (Ria/JJ).

Tulis Komentar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed