oleh

Bea Cukai Gagalkan Penyelundupan Benih Lobster Senilai Rp 4 Miliar

TANGERANG – Petugas Bea dan Cukai Bandara Soekarno Hatta menggagalkan upaya pengiriman benih losbter ke Singapura.

Ada 40.309 benih lobster yang berhasil diamankan petugas. Benih lobster tersebut harganya diperkirakan mencapai Rp 4 miliar. “Asal pengiriman diketahui dari wilayah Tangerang.

Benih lobster akan dikirim ke Singapura dulu, baru kemudian dilanjutkan ke Vietnam,” kata Kepala Kantor Bea dan Cukai Soekarno-Hatta, Erwin Situmorang, Senin (25/2/2019).

Pelaku mengemas paket berisi ribuan benih lobster tersebut dengan menggunakan koper penumpang. Erwin menyebut, pelaku sudah profesional karena isi koper tersebut diubah menjadi kandang siap kirim.

“Paket dikirimkan melalui kargo Bandara Sorkarno Hatta. Pelaku profesional, pengiriman juga sangat terorganisasi, kalau kita telat, benih lobster ini pasti sudah terkirim. Benih ini kita amankan diatas kargo pesawat Air Asia” kata dia.

Baca Juga :  Tekab 308 Polres Mesuji Bekuk Pelaku Curas di Desa Brabasan

Erwin memaparkan, pelaku begitu mahir dalam melakukan pengiriman. Hal tersebut nampak dalam kemasan pengiriman. Benih lobster yang dikemas tidak sekedar diikat dengan plastik. Namun, ada tempat khusus untuk menyimpan benih dan oksigen.
Selain itu, ada styrofoam dan busa untuk menjaga suhu benih lobster tetap baik. “Pengiriman sangat rapi jadi bisa keluar pemeriksaan, lalu masuk ke bandara dan masuk ke pesawat. Mereka ( pelaku) sudah bisa mengkondisikan dengan baik apa yang ada dan sudah memikirkan teknisnya,” ujar dia.

Dari puluhan ribu benih lobster tersebut, menurut Erwin, ada lobster mutiara. Jika sudah besar, harga seekornya dapat mencapai ratusan ribu rupiah. Saat ini, Bea dan Cukai Bandara Soekarno Hatta bekerja sama dengan Bareskrim Polri untuk membongkar sindikat pengiriman benih lobster tersebut.

Baca Juga :  Terekam Kamera CCTV, Pencuri Motor di Waykanan Ditangkap

Hal tersebut dilakukan untuk mendalami kasus ini dan mencari tahu keterlibatan oknum tertentu. Selanjutnya, hasil temuan akan dilepas ke Pantai Pangandaran, Jawa Barat. Sebelumnya, Menteri Perikanan dan Kelautan Susi Pudjiastuti mengungkapkan kekecewaannya pada nelayan di perairan Prigi, Trenggalek, Jawa Timur yang memilih menjual benih lobster ke luar negri.

Ia bahkan mengatakan, nelayan yang berburu benih lobster adalah nelayan bodoh. Sebab, benih lobster dijual oleh nelayan Rp 40.000 per pak. Lalu, oleh bandar benih lobster dijual kembali seharga Rp 150.000 per pak. Di luar negeri, ketika sudah besar, lobster tersebut akan mencapai harga Rp 4 juta. kps

Tulis Komentar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed