oleh

Jokowi Janji Lagi Dana Desa Rp400 T

CALON presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) berjanji meningkatkan anggaran dana desa jika kembali terpilih sebagai presiden pada tahun ini. Ia mengatakan, dana desa akan ditingkatkan hingga Rp400 triliun dalam lima tahun ke depan.

“Dengan pemanfaatan yang semakin baik, kemakmuran rakyat akan semakin merata. Inilah salah satu alasan kenapa kita harus optimis sejahtera,” ujar Jokowi dalam pidatonya di Konvensi Rakyat, di SICC, Bogor, Minggu (24/2) malam.

Dalam empat tahun terakhir ini, total dana desa yang telah digelontorkan oleh pemerintah mencapai Rp187 triliun. Ia mengatakan dana desa tersebut dapat mengurangi angka kemiskinan di desa.

Janji Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menaikkan anggaran dana desa menjadi Rp 400 triliun selama lima tahun ke depan jika ia kembali terpilih sebagai presiden, justru mengundang pertanyaan Bank Dunia (World Bank) terkait efektivitas program dana desa itu, dan bahkan ada juga kekhawatiran tentang bagaimana transfer dana itu dapat memicu korupsi.

Baca Juga :  KPPS Wajib Rapid: Yang Reaktif Diganti

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menangkap ratusan pejabat desa karena melakukan korupsi sejak skema dana desa diluncurkan pada 2015.

Berdasarkan penghitungan Indonesia Corruption Watch, pada akhir tahun lalu, ada total 181 kasus korupsi terkait dengan skema tersebut.

Sementara itu, Prabowo telah mengkritik Jokowi karena salah urus ekonomi yang katanya telah membuat banyak orang Indonesia miskin.

Kubunya juga menuduh Jokowi menggunakan dana desa, bersama dengan dana kabupaten yang baru diperkenalkan, untuk memenangkan suara.(dbs/iwa)

Tulis Komentar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed