oleh

Pengembangan Rumput Chicory, Bupati Gandeng Pengusaha New Zealand

TULANGBAWANG BARAT- Dalam rangka meningkatkan swasembada daging, Bupati Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Umar Ahmad, gandeng pengusaha dari New Zealand, Selandia Baru.

Dasar kerja sama tersebut Surat Keputusan Menteri Pertanian Nomor 2151/Kpts/PI.500/F/02/2019. tentang pemberian izin memasukkan benih chicory ke dalam wilayah negara Republik Indonesia khususnya di Kabupaten Tubaba.

Menurut Mr.Richard bersama Mr.Brayan didampingi Dokter Hewan Nanang mengatakan, penebaran benih bibit rumput chicory tersebut banyak mengandung selain Nutrisi tinggi juga mampu mendongkrak pengembangan ternak Sapi Brahman Cross di Tubaba nantinya.

“ Tanah yang ada di Kabupaten Tubaba ini memiliki kemiripan dengan tanah di New Zealand, maka kami datang kesini dengan maksud bekerja sama dengan Pemkab setempat untuk membudidayakan rumput chicory yang sangat bermanfaat untuk pakan ternak sapi dan pupuk pertanian,” kata Nanang, di kompleks Hotel Brugo, Senin (25/2).

Baca Juga :  Ketua DMI Waykanan Kukuhkan Pimpinan Kecamatan

Dikatakannya, pihaknya sangat mengapresiasi atas sikap terbuka Bupati Umar Ahmad untuk menerima dan ingin membudidayakan tanaman rumput chicory di Tubaba.

“ Kami berharap rumput chicory yang akan ditanam di lokasi seluas 4 Ha ini mampu menghasilkan nilai yang sama seperti di Negara kami,” ujarnya
Terkait program pembibitan rumput chicory tersebut Bupati Umar Ahmad menyatakan, soal anggaran Pemkab Tubaba belum menganggarkannya, sebab penanaman bibit tersebut masih uji coba.

“Semua biaya penanaman itu mutlak ditanggung oleh perusahaan, sementara untuk lahan 4 Hektare itu masih memakai tanah milik Bangsa Radin. Jika uji coba ini berhasil kita akan kembangkan secara massal,” imbuhnya. ( Edison/JJ).

Tulis Komentar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed