Tangkal Polik Uang, Bawaslu Berdayakan IRT

13

PESAWARAN – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pesawaran optimalkan peran ibu rumah tangga (IRT) dalam memerangi politik uang. Menurut Riswanto, Bidang Pengawasan Hubungan Masyarakat dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Pesawaran menjelaskan, pengoptimalan peran ibu rumah tangga tersebut dikarenakan kejujurannya.

“Kita sengaja mengkader para ibu-ibu, agar bisa lebih optimal, karena mereka sering di rumah, dan banyak tahu informasi tentang keadaan setempat, terus ibu-ibu ini jujur, jadi bisa diandalkan untuk mengawasi adanya politik uang, dan kita bekali mereka terkait trik-triknya, jika ada yang politik uang,” tutur dia, dalam gelaran Koordinasi Pengawasan Tahapan Pemilihan DPR, DPD, DPRD serta Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden tahun 2019, di Hotel Retensi, Pringsewu, Kamis (28/2).

Dilanjutkan dia, untuk ibu-ibu yang menemukan pelanggaran pemilu, sudah diintruksikan dan dipersilahkan langsung melapor kepada Bawaslu, dimana ada Gakumdu yang personelnya dari kepolisian dan kejaksaan.
“Kami buka 24 jam, silahkan lapor ke Bawaslu, nanti kita turun langsung ke lokasi yang terindikasi kecurangan, salah satunya adanya pemberian sesuatu yang melebihi aturan,” ujarnya.

Dilanjutkan dia sosialisasi kali ini merekrut ibu – ibu Kecamatan Gedongtataan dan Negeri Katon terlebih dahulu, mudah mudahan Kecamatan lainnya juga akan dilakukan hal yang sama bila memungkinkan.

“Kita bersama berharap, agar politik uang ini dapat diminimalisir dan dihilangkan, agar pemilu berjalan langsung umum bebas dan rahasia (luber) serta jujur dan adil (Jurdil),” ucap dia. (Toni/Mus/JJ).