oleh

Jelang Nyepi, Ribuan Masyarakat Hadiri Parade 42 Ogoh-ogoh

LAMPUNG TENGAH- Ribuan masyarakat Kecamatan Seputih Ramam tumpah ruah menghadiri Parade Ogoh-ogoh tahun 2019 di Lapangan Merdeka Seputih Raman, Minggu (3/3).

Dalam agenda rutin yang digelar sebelum Hari Raya Nyepi bagi umat Hindu tersebut, setidaknya menampilkan 42 Parade Ogoh-ogoh yang dibagi dua golongan, 30 rombongan dewasa dan 12 anak-anak.

“Dari 42 peserta ini juga, 37 Ogoh-ogoh dari Seputih Raman dan 5 ogoh-ogoh dari luar kecamatan,” terang Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Lampung Tengah, Ketut Suwendra.

Ketut Suwendra juga menjelaskan, Parade Ogoh-ogoh adalah kesenian yang disakralkan terutama sebelum memasuki Hari Raya Nyepi. Namun demikian, ini merupakan simbol angkara murka, sehingga setelah pertunjukan semua Ogoh-ogoh akan dibakar.

Baca Juga :  Curas Iya Meras Juga, Tiga Remaja Bengal di Sungkai Utara Kena Batunya

“Kami masyarakat Hindu Bali yang tinggal dan sudah menjadi penduduk Lampung Tengah sangat berterimakasih kepada pemerintah daerah yang peduli dengan keberadaan kami, sehingga Festival Ogoh-ogoh ini dimasukkan dalam kalender wisata tahunan.” ungkapnya.

Sementara, Sekda Lampung Tengah, Adi Erlansyah menyampaikan apresiasi dengan diselenggarakannya Parade Ogoh-ogoh tersebut. Dia berharap Parade ini dapat menjadi sarana pelestarian dan pengembangan seni budaya di Lamteng.

“Saya harapkan Parade Ogoh-ogoh dapat menjadi agenda rutin wisata di Kabupaten Lampung Tengah. Kita juga mendukung penuh pelestarian budaya melalui event-event Parade ini, dan yang diperlukan adalah promosi agar budaya dan seni Ogoh-ogoh di Lamteng dapat menjadi salah satu daya tarik wisata,” ujar Sekda mewakili sambutan Bupati Lamteng Loekman Djoyosoemarto. (Rendra/JJ).

Tulis Komentar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed