Jelang Nyepi, Ribuan Masyarakat Hadiri Parade 42 Ogoh-ogoh

21

LAMPUNG TENGAH- Ribuan masyarakat Kecamatan Seputih Ramam tumpah ruah menghadiri Parade Ogoh-ogoh tahun 2019 di Lapangan Merdeka Seputih Raman, Minggu (3/3).

Dalam agenda rutin yang digelar sebelum Hari Raya Nyepi bagi umat Hindu tersebut, setidaknya menampilkan 42 Parade Ogoh-ogoh yang dibagi dua golongan, 30 rombongan dewasa dan 12 anak-anak.

“Dari 42 peserta ini juga, 37 Ogoh-ogoh dari Seputih Raman dan 5 ogoh-ogoh dari luar kecamatan,” terang Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Lampung Tengah, Ketut Suwendra.

Ketut Suwendra juga menjelaskan, Parade Ogoh-ogoh adalah kesenian yang disakralkan terutama sebelum memasuki Hari Raya Nyepi. Namun demikian, ini merupakan simbol angkara murka, sehingga setelah pertunjukan semua Ogoh-ogoh akan dibakar.

“Kami masyarakat Hindu Bali yang tinggal dan sudah menjadi penduduk Lampung Tengah sangat berterimakasih kepada pemerintah daerah yang peduli dengan keberadaan kami, sehingga Festival Ogoh-ogoh ini dimasukkan dalam kalender wisata tahunan.” ungkapnya.

Sementara, Sekda Lampung Tengah, Adi Erlansyah menyampaikan apresiasi dengan diselenggarakannya Parade Ogoh-ogoh tersebut. Dia berharap Parade ini dapat menjadi sarana pelestarian dan pengembangan seni budaya di Lamteng.

“Saya harapkan Parade Ogoh-ogoh dapat menjadi agenda rutin wisata di Kabupaten Lampung Tengah. Kita juga mendukung penuh pelestarian budaya melalui event-event Parade ini, dan yang diperlukan adalah promosi agar budaya dan seni Ogoh-ogoh di Lamteng dapat menjadi salah satu daya tarik wisata,” ujar Sekda mewakili sambutan Bupati Lamteng Loekman Djoyosoemarto. (Rendra/JJ).