Butuh Bantuan, Rumah Saipudin Diterjang Longsong

19

TANGGAMUS-Hujan deras yang mengguyur Kecamatan KotaAgung, Kabupaten Tanggamus dengan intensitas tinggi pada Senin (4/3) dimulai sejak pukul 16:30 WIB membuat kediaman Saipudin Tanjung warga Kelurahan Pasar Madang, Kecamatan Kota Agung longsor pada bagian dapur rumahnya, pada pukul 20.00 WIB.

Menurut Saipudin, kejadian tersebut terjadi setelah selesai sholat isya. Dimana dirinya mendengar ada suara gemuruh dari arah belakang rumahnya. Tanpa pikir panjang, ia langsung berlari kerumahnya menerjang lebatnya hujan karena khawatir akan keselamatan keluarganya yang sedang didalam rumah menonton televisi (TV). Kejadian tersebut membuat Saipudin mengelami keruguian jutaan rupiah lantaran bagian dapur beserta isinya yakni perlatan makan, memasak dan alat elektronik seperti kultas hancur jatuh bersama longsoran.

“Firasat sih tidak ada mas, karena memang sudah lama juga tinggal disini dan baru ini mengalami kejadian tersebut. Kalau saya rasa, longsor ini terjadi merupakan dampak dari abrasi air tanah yang ada disebelah rumah. Semua alat dapur rusak tidak ada yang tersisa mas, jadi ya sudah,” jelas, Saipudin saat disambangi.

Dirinya berharap adanya bantuan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanggamus untuk kembali memperbaiki kediamannya.”Kalau dari BPBD Tanggamus sudah memberikan bantuan berupa pangan ke kita. Dan anggota BPBD langsung datang satu (1) jam setelah kejadian. Ya mudah mudahan ada bantuan dari Pemkab Tanggamus, karena saya orang susah,” harapnya.

Sementara itu Sekertaris Kecamatan (Sekcam) Kuroisin mengatakan, memang seharusnya di lokasi kejadian perlu adanya normalisasi dan pembuatan pemberonjongan yang nantinya diusulkan kepada Pemkab Tanggamus melalui BPBD Tanggamus yang mungkin bersumber dari dana tanggap darurat, karena jika tidak ditanggulangi maka akan berdampak parah dan dapat menimbulkan kecemasan warga.

“Kita akan bantu usulkan, apapun nantinya bentuk bantuan dari Pemerintah, ya diterima. Kalau dari Kecamatan sendiri kita belum bisa berbuat apa apa karena pak Camat Kota Agung sedang tidak enak badan. Tapi secepatnya kita akan berikan bantuan,” kata mantan Lurah Baros tersebut.(Anton/JJ).