Langka, Ada Caleg Jadi Petugas Pelipat Suara

20

TULANGBAWANG BARAT-Kejadian langka, entah disengaja atau tidak KPUD Tulangbawang (Tuba) ‘Kepergok’ memberdayakan salah seorang calon legislatif (Caleg) perempuan dari partai Golkar sebagai tenaga pelipat surat suara Pemilu 2019. Hal ini terungkap saat memantau proses pelipatan surat suara, Senin (4/3).

Ketua Bawaslu Tubaba Midian, S.sos menjelaskan, terduga pelaku (Caleg Golkar) belum sempat melipat surat suara, karena saat itu sudah ketahuan oleh tim Bawaslu yang berada di lokasi. Lolosnya caleg sebagai tenaga pelipat surat suara diduga lantaran longggarnya persyaratan rekruitmen tenaga kerja ini, yang hanya melampirkan syarat KTP dan Pas Photo.

“Kemarin pada (4/3/2019) terduga pelaku sudah kita panggil untuk dimintai keterangan. Menurut terduga pelaku, saat itu dirinya mengantarkan tetangganya yang bekerja untuk melakukan pelipatan surat suara di KPU, dan terduga pelaku juga langsung menawarkan dirinya untuk dapat bekerja melipat surat suara,” kata Midian, Selasa (5/3).

Terkait hal itu, Bawaslu akan segera memanggil pihak KPU untuk dimintai keterangan secara detail prosedur penerimaan tenaga kerja pelipatan surat suara.

“Hari ini (5/3) kami akan panggil pihak KPUD untuk menanyakan prosedur persyaratan penerimaan tenaga kerja pelipatan surat suara tersebut, mengapa bisa kecolongan.” imbuhnya.

Hingga berita ini dilansirkan pihak KPUD Tubaba belum dapat dikonfirmasi guna memberikan keterangan atas dugaan tersebut. (Edison/JJ).