oleh

Lawan Kekerasan, “Yustin Ficardo: Perempuan Harus Tangguh”

BANDARLAMPUNG – Ketua Tim Penggerak PKK Lampung Aprilani Yustin Ficardo mengatakan, perempuan harus bisa menjadi wanita yang tangguh dan memiliki peran dalam pembangunan suatu daerah.

“Saya mau perempuan bisa berperan dalam dunia politik, ekonomi, sosial, budaya dan lainnya. Karena saat ini peran wanita belum merata,” kata Yustin, di Bandarlampung, Minggu (10/3).

Menurut istri Gubernur Lampung M Ridho Ficardo itu, peluang perempuan dalam beragam hal belum merata, apalagi saat ini banyak peluang dan kemampuan yang dimiliki untuk menjadi paling terdepan berbagai bidang seperti bidang politik, sosial, ekonomi, budaya, dan lainnya.

Selain itu, perempuan harus bersatu padu dan berperan aktif terhadap pencegahan dan penanganan kekerasan yang masih banyak terjadi. Apalagi perempuan paling banyak mendapatkan tindak kekerasan baik dalam rumah tangga maupun pelecehan lainnya.

Baca Juga :  Penerapan SPBE Didorong Sampai Daerah

“Dengan tingginya kekerasan terhadap perempuan, harus ada tindakan khusus bagi para pelaku agar tidak mengulangi lagi ,” kata Yustin yang juga Bunda Paud Lampung.

Dia menjelaskan, setelah para pelaku mendapatkan hukuman, korban harus segera mendapatkan perlindungan dan penanganan agar trauma yang dialami dan tidak berkepanjangan.

Yustin mengatakan, untuk mencegah kekerasan terhadap perempuan, harus bisa berasama-sama melindungi, memberikan tempat yang nyaman, aman buat mereka.

Sedangkan untuk mengobati atau menangani para korban, dengan cara konseling, trauma heling dan diberikan aktivitas pekerjaan sehingga mereka lupa dengan pengalaman yang buruk, sehingga mereka dapat kembali merasa tenang dan dapat kembali berkumpul untuk melanjutkan hidupnya.

Dia mengharapkan, kepada perempuan di seluruh Provinsi Lampung, janganlah melupakan kodrat sebagai seorang ibu untuk anak-anaka, istri untuk suami, dan mendampingi suami dengan semua kegiatan.

Baca Juga :  DPRD Provinsi Lampung Sahkan Perda AKB

Sementara itu, istri Bupati Waykanan, Dessy Afrianti Adipati mengucapkan selamat hari perempuan internasional untuk semua perempuan hebat di dunia khususnya Waykanan. Perempuan harus bisa menjadi inspirasi apa pun profesinya. Perempuan makhluk yang sempurna dan kuat, dengan kesempurnaan dan kekuatannya perempuan harus menjadi sosok kuat,mandiri dan bertanggungjawab.

“Dengan semua yang dimiliki oleh perempuan, maka harus bisa menjadi sosok yang menginspirasi,” kata dia.

Namun dia pun mengingatkan, perempuan harus mendapatkan perlindungan, bahkan bila mendapatkan perlakuan yang tidak sopan, maka setiap pelaku harus ditindak tegas. karena pelecehan dan kekerasan terhadap perempuan akan berdampak luar biasa terhadap korban.

“Untuk para korban wanita yang mendapatkan pelecehan ayo kalian ungkapkan, dengan keberanian kalian berbicara adalah salah satu cara untuk menghentikan dan mencegah terjadinya pelecehan terhadap perempuan lainnya,” kata Dessy ibu tiga anak itu. (ant)

Tulis Komentar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed