Honor BK Macet, Pegawai Disdukcapil Lampura ‘Ngejerit’

12

LAMPUNG UTARA- Pegawai Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lampung Utara (Lampura) mengeluh akibat honor Beban Kerja (BK) yang hingga kini tak kunjung cair. Padahal Disdukcapil sendiri merupakan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang tergolong sibuk dalam melakukan pelayanan publik terkait pemenuhan hak-hak masyarakat dalam memperoleh administrasi kependudukannya (Adminduk).

Salah satu pegawai yang tidak ingin disebutkan identitasnya menyatakan, sejak Januari hingga saat ini honor BK mereka tak kunjung cair. Padahal mereka setiap harinya sibuk berjibaku dalam melakukan pelayan masyarakat yang ingin memperoleh adminduk. Bahkan kerap kali mereka harus pulang lebih lama daripada jam kantor yang seharusnya.

“Iya ini Mas, BK masuk tiga bulan ini belum cair. Padahal kami merasa telah maksimal melakukan kewajiban kami. Sayangnya hak-hak kami belum terpenuhi,” keluhnya, Senin (12/3).

Sementara sumber lainnya yang juga tidak ingin disebutkan namanya mengatakan, bahwa BK merupakan salah satu pemasukan mereka yang paling diandalkan. Mengingat jika hanya mengandalkan gaji murni mereka tidaklah cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari karena sebagian besar atau bahkan.

Seluruhnya ASN yang ada di Disdukcapil telah menggadaikan SK mereka di bank. ” a itu salah satu penopang penghasilan yang kami andalkan. Tahun yang lalu saja hangus empat bulan tidak terbayar. Tahun ini sebulanpun belum cair,” terangnya.

Menurut dia, Disdukcapil merupakan dinas pelayanan publik yang ekstra karena setiap harinya selalu dipadati oleh masyarakat yang ingin memperoleh adminduk. Tak jarang mereka harus lembur hingga larut malam dalam melaksanakan tugas. Bahkan di hari-hari liburpun terkadang mereka harus tetap melakukan pelayanan publik.

“Ya apapun yang terjadi hingga saat ini lami masih melaksanakan kewajiban kami secara maksimal. Bahkan terkadang ketika hari liburpun kami juga harus melakukan pelayanan semisal ketika setiap hari Minggunya dalam acara Car Fre Day kami juga membuka pelayanan masyarakat yang ingin memperoleh KK, KTP dan Akte. Kami sangat berharap honor BK segera terealisasi,” cetusnya. (Def/JJ).