Dinsos Edukasi Siswa Kesiapsiagaan Bencana

19

BANDARLAMPUNG – Dinas Sosial Provinsi Lampung bersama Tagana, Kwarda Pramuka Lampung bidang Abdimasgana, Palang Merah Indonesia Lampung, dan Vertikal Rescue Indonesia Lampung segera melaksanakan Tagana Masuk Sekolah (TMS).

“Ini sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo terkait kesiapan masyarakat dalam menghadapi bencana,” ujar Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Provinsi Lampung Sumarju Saeni, Senin (18/3).

Sumarju menjelaskan, TMS akan dilaksanakan di Desa Hanura dengan melibatkan seribu siswa SD hingga SLTA. TMS disini fokus mengedukasi tentang persiapan menghadapi bencana tsunami yang akan diikuti 300 siswa SD di Pulau Pasaran, dan Desa Kunjir, Lampung Selatan.

Sebelumnya, jelas Sumarju Saeni, pada Sabtu (16/3) Tagana Lampung Selatan telah memulai giat TMS di M.I. Mathlaul Anwar Desa Banyumas Kecamatan Candipuro Kabupaten Lampung Selatan.

Materi yang diberikan berupa, Pengetahuan Bancana, Simulasi Mitigasi Bencana. Jumlah peserta 180 anak (95 L dan 85 P) dan Guru 12 orang.

“Tidak ada yang tahu kapan bencana datang, namun dengan pengetahuan mitigasi bencana diharapkan dapat membangun masyarakat tanggap bencana. Salah satu edukasinya melalui Tagana Masuk Sekolah ini,” urai Sumarju Saeni.

TMS merupakan bagian dari upaya Program Edukasi Kesiapsiagaan Masyarakat dalam penanggulangan bencana yang bertujuan mempercepat terbangunnya pemahaman dan kesiapsiagaan masyarakat maupun petugas penanggulangan bencana terhadap potensi dan kemungkinan terjadinya bencana. (ria)