Pringsewu Miliki Varietas Padi Lokal

18

PRINGSEWU- Kabupaten Pringsewu kini memiliki varietas padi lokal bernama Lumbung Sewu Cantik. Varietas padi inipun juga sudah terdaftar dan memperoleh sertifikat dari BPTP Kementerian Pertanian RI.

Bupati Pringsewu H.Sujadi saat menghadiri acara penyerahan sertifikat tanda daftar varietas padi Lumbung Sewu Cantik, sekaligus penanaman demarea padi Lumbung Sewu Cantik serta penyerahan gudang UPPO Poktan Ngudi Rahayu di Pekon Mataram, Kecamatan Gadingrejo, Senin (18/3).

Bupati berharap, varietas padi Lumbung Sewu Cantik yang berasal dari Rantautijang, Pardasuka ini penyebarannya dapat meluas ke seluruh Kabupaten Pringsewu.

“Seperti kita ketahui bahwa Pringsewu memiliki potensi pertanian yang cukup besar. Besarnya potensi ini juga memperbesar peluang adanya sumber daya genetik,” katanya, didampingi Kepala BPTP Lampung Dr.Slamet, M.Si. dan Kadis Pertanian Pringsewu Ir.Iskandar Muda.

Sujadi juga mengajak para petani Pringsewu untuk berinovasi guna meningkatkan produksi pertanian di Kabupaten Pringsewu. Selain itu, Bupati Pringsewu juga mengharapkan Dinas Pertanian setempat dapat mengeluarkan himbauan dan aturan agar petani tidak membakar jerami.

“Hal tersebut mengingat jerami ini dapat dimanfaatkan dan diolah menjadi pupuk organik, sebagaimana kotoran hewan. Kita coba memasyarakatkan penggunaan pupuk organik di kalangan petani kita,” ujarnya. (Her/JJ).