oleh

Masalah Stunting dan Pengentasan Kemiskinan Belum Maksimal

LAMPUNG TENGAH- Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah (Pemkab Lamteng) melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2019, dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2020.

Musrenbang yang dibuka langsung oleh Bupati Lamteng, Loekman Djoyosoemarto, di Gedung Sesat Agung Nuwo Balak, Kamis (21/3), mengusung tema, ” Peningkatan Sumber Daya Manusia dan Perekonomian Rakyat Dengan Semangat Gotong Royong”.

Loekman menjelaskan, RKPD merupakan forum bagi seluruh pemangku kepentingan pembangunan di Kabupaten Lampung Tengah, untuk melakukan musyawarah dan mensepakati Rencana Kerja Pemerintah Daerah tahun 2020. Forum ini juga merupakan salah satu tahapan yang harus dilakukan dalam proses perencanaan pembangunan tahunan daerah, sebagai acuan dalam penyusunan RAPBD tahun 2020.

Baca Juga :  Chrisna Putra Melakukan Pengecekan Di Tiga UPTD Puskesmas

Beberapa hal yang menjadi permasalahan dan tantangan utaman dalam pembangunan di Kabupaten Lampung Tengah yaitu, tentang
Pelayanan pendidikan dan kesehatan yang masih belum optimal, masalah stunting dan pengentasan kemiskinan, serta produksi dan pemasaran hasil pertanian ditingkat petani belum maksimal.


Pelayanan pendidikan dan kesehatan yang masih belum optimal, masalah stunting dan pengentasan kemiskinan, serta produksi dan pemasaran hasil pertanian ditingkat petani belum maksimal.

“Kemudian masih banyaknya kondisi infrastruktur yang kondisinya perlu peningkatan dan perbaikan dan pembenahan Birokrasi menuju E-Government, serta peningkatan kesejahteraan dan disiplin Pegawai. Kondisi keamanan dan ketertiban, serta potensi konflik sosial juga yang perlu kita jaga bersama. Dan yang terakhir pengelolaan sumber daya alam belum mencapai tahap peningkatan kualitas hidup lingkungan masyarakat,” jelasnya.
Untuk menjawab semua tantangan tersebut, Pemkab Lamteng akan memprioritaskan beberapa kegiatan yaitu, Peningkatan Kualitas SDM, Peningkatan Ekonomi Masyarakat, Peningkatan Kualitas Infrastruktur, Peningkatan Tata Kelola Pemerintahan, Peningkatan Keamanan dan Ketertiban, Persatuan dan Kesatuan serta Gotong Royong, dan Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup yang berkelanjutan.

Baca Juga :  Aktifkan Satgas Covid, Lamteng Kumpulkan Seluruh Camat

” Dengan prioritas tersebut secara bertahap diharapkan dapat mewujudkan Lampung Tengah sebagai Lumbung Pangan yang Aman, Maju, Sejahtera dan Berkeadilan,” ujar Loekman. (Rendra/JJ).

Tulis Komentar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed