oleh

150 Peserta Diklasar AWPI, Siap Ikut UKW LPDS

BANDARLAMPUNG – Patut diapresiasi, guna meraih legitimasi profesionalitas sebagai wartawan, 150 anggota Asosiasi Wartawan Profesional Indonesia (AWPI) Lampung mengikuti Pendididikan Kilat dan Dasar (Diklatsar) Jurnalis, di Yunna Hotel, Bandarlampung, Sabtu (31/3).

Pendidikan dasar yang digagas DPD AWPI Lampung ini, sebagai bekal bagi para peserta untuk mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang digelar Lembaga Pers Dr Soetomo (LPDS), bekerjasama dengan Haluan Lampung, yang akan dilaksanakan tiga hari, Senin-Rabu (1-3/4).

Kegiatan yang dibuka Kabag Humas Provinsi Lampung, Drs. Heriansyah dan dihadiri Dewan Penasehat DPD AWPI, Hi. Barusman, para peserta seluruh anggota AWPI se-Provinsi Lampung serta diisi oleh sejumlah pemateri terdiri dari Ketua DPD AWPI Provinsi Lampung, Hengki A. Jazuli, Pemred Haluan Lampung, Juanda Hipni, Pemred Poros Daily, Suparman, dan Pemred Independent Pos, Ilwandi Perkasa.

Baca Juga :  KPPS Wajib Rapid: Yang Reaktif Diganti

Hengki A. Jazuli dalam sambutan menjelaskan, kegiatan Pendidikan dan Latihan Dasar Jurnalistik ini merupakan yang pertama dilakukan oleh AWPI di Lampung, untuk itu diharapkan dalam acara ini hendaknya semua peserta mengikuti dengan baik dan tetap menjaga kekompakan.

“Di sini tempatnya kita saling asah, saling asuh bukan saling lebih pinter sehingga menimbulkan perdebatan antara sesama rekan AWPI, saya mohon kepada rekan-rekan semua untuk mendukung penuh acara ini, Karena seluruh Indonesia melihat acara kita ini,” kata pria yang akrab disapa Bang Hengki tersebut.

Sementara, Kabag Humas Provinsi Lampung, Drs. Heriansyah dalam sambutan, mengakui, AWPI meski baru berdiri tapi keberadaannya sudah terkenal. “Asosiasi Wartawan Profesional Indonesia ini, meskipun baru dua tahun berdiri namun keberadaannya sudah eksisnya luar biasa,” ujarnya.

Baca Juga :  493 Nelayan Dilindungi Asuransi Jiwa : 100 juta Jika mengalami Kecelakaan

Menurut Heriansyah, organisasi-organisasi pers di Lampung hanya AWPI, satu-satunya wadah Wartawan yang Profesional. “Kalau yang lainkan, pakai nama Persatuan, Reformasi dan lain-lain, tapi AWPI yang pakai Profesional dan sepengetahuan saya hanya ada dua wadah pers yang memiliki lagu Marsnya sendiri, salah satunya AWPI ini,” tuturnya.

Kabag Humas Provinsi Lampung ini juga berharap dengan adanya kegiatan Pendidikan dan Latihan Dasar Jurnalistik ini sehingga dapat meningkatkan profesionalisme wawasan etika wartawan dalam melaksanakan tugas yang selalu memegang teguh undang-undang pers dan kode etik jurnalistik. (Tim/JJ).

Tulis Komentar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed