oleh

Rakor Pemilu Serentak Hasilkan 7 Point Penting

BANDARLAMPUNG -Gubernur Lampung diwakili Fahrizal Darminto, Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Pemprov Lampung membuka Rapat koordinasi (Rakor) Pemilu Serentak 2019 di Gedung Pusiban Kantor Gubernur, Senin (1/4)

Dalam sambutanya, gubernur mengatakan bahwa, rakor gabungan pemilu ini sangat strategis dan bertujuan untuk membangun sinergitas antara Pemerintah Provinsi Lampung dengan Pemerintah Kabupaten/Kota, dan seluruh pemangku kepentingan Pemilu dalam menjalankan tugasnya sehingga tercipta iklim demokrasi yang damai dan kondusif.

“Tujuan utamanya yaitu sebagai upaya untuk mengoptimalkan kesiapsiagaan semua pihak, termasuk penyelenggara Pemilu se Provinsi Lampung.

Ada beberapa hal yang menjadi catatan penting dalam rakor tersebut.

Pertama, menjalin sinergitas yang kuat dan berkesinambungan antar penyelenggara pemilu, pemerintah daerah, dan aparat keamanan serta pemangku kepentingan pemilu lainnya (Media, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Caleg, Parpol/Pendukung).

Baca Juga :  Proyek Embung Lapangan Golf Cemari Lingkungan

Kedua, optimalisasi peran pemerintah daerah dengan tetap berpedoman pada Pasal 434 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang pemilihan Umum dalam memberikan bantuan dan fasilitasi guna kelancaraan penyelenggaraan pemilu sebagai upaya pencapaian pemilu yang demokratis tahun 2019

Ketiga, mewaspadai dan mencegah hal-hal yang dapat menciderai proses pemilu seperti perang hoaxs dan propaganda, politik uang, politik identitas, black campaign, serangan fajar, intimidasi (pemaksaan).

Keempat, mendorong secara optimal peningkatan partisipasi masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya dalam rangka mewujudkan suksesnya pemilu serentak tahun 2019 dengan target yang telah ditetapkan olelh Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebesar 77,5 %. Sera mendorong pelaksanaaan pendidikan politik bagi pemilih dengan memprioritaskan segmen pemilih pemula, pemilih perempuan kelompok marginal, dan penyandang disabilitas.

Baca Juga :  Kasrem 043/Gatam Hadiri Musyawarah Olahraga Indonesia Woodball Asosiasi Pengurus Provinsi Lampung

Kelima, menjaga netralitas aparat keamanan (TNI/POLRI), ASN dan penyelenggara pemilu dalam menciptakan pemilu yang mandiri, jujur, adil, berkepastian hukum, tertib, terbuka, proporsional, professional, akuntabel,, efektif dan efisien guna menghasilkan pemimpin nasional dan wakil akyat yang mempunyai legitimasi yang kuat

Keenam, optimalisasi mekanisme pemantauan, pelaporan evaluasi terhadap perkembangan politik di daerah dengan mempedomani Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 61 Tahun 2011 tentang Pedoman Pemantauan Pelaporan, dan Evaluasi Perkembangan Politik Di Daerah.

Dan ketujuh, meningkatkan sinkronisasi dan integrasi serta terkoneksi antar Forum Koordinasi Pimpinan di Daerah (FORKOPIMDA) dengan forum-forum komunikasi lainnya.(ria)

Tulis Komentar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed