oleh

Brigif 4 Tanam 3000 Mangrove di Pesisir Pantai Mahitam

BANDARLAMPUNG – Brigade Infanteri (Brigif) 4 Marinir/BS melaksanakan Pembinaan Potensi Maritim (Binpotmar) bersama masyarakat dan melaksanakan penanaman 3.000 pohon mangrove di sekitar wilayah Pesisir Pantai Mahitam Desa Ketapang, Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran.

“Penanaman mangrove ini merupakan program dari Staf Potensi Maritim Korps Marinir TW.II TA.2019 agar kita bisa memelihara pantai, melestarikan lingkungan, dan mengenalkan kepada masyarakat serta anak-anak sekolah bahwa pentingnya mangrove untuk kelestarian lingkungan di sekitar pesisir pantai,” kata Komandan Brigade Infanteri (Danbrigif) 4 Marinir/BS, Kolonel Marinir Ahmad Fajar, Kamis (4/4).

Fajar menjelaskan, disamping tugas pokok Korps Marinir menjaga kedaulatan NKRI juga bertugas membina dan membangun wilayah pesisir pantai NKRI. Pentingnya penanaman mangrove ini selain untuk penghijauan juga berfungsi untuk melindungi pantai dari abrasi.

Baca Juga :  DPRD Provinsi Lampung Sahkan Perda AKB

“Bisa melindungi kita juga yang kemungkinan apabila terjadi tsunami. Namun yang lebih penting nantinya bahwa mangrove dapat memberikan kehidupan bagi masyarakat, yaitu dengan hidupnya biota laut yang ada di sekitar mangrove tersebut,” kata dia.

Dengan penanaman mangrove tersebut diharapkan dapat membawa manfaat bagi masyarakat sekitar dan membawa manfaat bagi bangsa Indonesia khususnya bermanfaat bagi pengembangan pariwisata di Kabupaten Pesawaran, Lampung.

“Kegiatan penanaman mangrove ini akan terus berlanjut dengan melihat tempat -tempat yang bisa kita tanami supaya manfaat dari penanaman dan dapat kita rasakan baik untuk kita dan anak cucu kita,” kata dia.
Penanaman mangrove selain bersama masyarakat juga dilaksanakan bersama siswa-siswi dari SMAN 1 Padang Cermin dan siswa-siswi dari SDN Ketapang. (Ant/JJ).

Tulis Komentar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed