oleh

KPU Sosialiasi Pemilu di Lapas Kota Agung

TANGGAMUS – 100 orang narapidana, beserta petugas Lapas mengikuti Sosialisasi Pemilu 2019 pada Rabu, (10/4) di Aula Lapas setempat. Kegiatan dibuka langsung oleh Kalapas Sohibur Rachman. Dalam sambutannya Kalapas mengharapkan agar warga binaan yang hadir dapat menyimak dengan seksama materi yang disampaikan, untuk kemudian diteruskan kepada rekan warga binaan lain yang ada dalam blok hunian. Tampak pula hadir Dandim 0424 Tanggamus Letkol Arh.Anang Hasto Utomo, Perwakilan dari Polres serta Pemerintah Daerah Kab. Tanggamus.

Pada kegiatan sesi pertama diisi oleh narasumber dari KPU, Bawaslu dan Mapilu Kab. Tanggamus . Secara bergantian Ali Usman (Koordinator Pengawasan Bawaslu) dan Zulwani (Anggota KPU Tanggamus Divisi Hukum) menjelaskan mengenai Daerah Pemilihan yang terbagi dipropinsi Lampung. Selain itu, warga binaan juga diberikan informasi mengenai jumlah surat suara yang akan didapat ketika datang ke TPS tidak akan sama antara yang satu dengan yang lain. Hal ini disebabkan tergantung pada alamat yang tercantum pada KTP elektronik tempat warga binaan berdomisili.

Sementara sesi kedua, perwakilan dari KPU Pringsewu dan Kejaksaan Negeri Pringsewu memberikan materi Penyuluhan Hukum Pemilu 2019. Bertindak sebagai narasumber Bayu Wibianto (Kasi Intel Kejari Pringsewu),
Reni Octarina (Kasi Tindak Pidana Umum Kejari Pringsewu) serta
Sofyan Akbar (Anggota KPU Pringsewu).

Baca Juga :  Dua Pelaku Pengeroyokan Berhasil Diamankan Polsek Wonosobo

Diawali Pengarahan dari Ferdika Canra, Kasi Binadik dan Giatja Lapas Kotaagung, warga binaan diminta untuk tertib mengikuti sosialisasi tersebut. Begitu pula apabila ada hal yang belum dimengerti tentang pemilu, warga binaan diharapkan pro aktif untuk bertanya.

Hal senada disampaikan oleh Reni Octarina. Ia berharap seluruh warga binaan untuk taat dan tidak melakukan pelanggaran hukum selama pelaksaan Pemilu dilapas yang bisa mengakibatkan ‘bonus’ tambahan pidana bagi mereka. Pernyataan Reni disambut dengan riuh tawa dan tepuk tangan warga binaan.

Sementara itu, Sofyan Akbar narasumber dari pihak KPU Pringsewu menginformasikan bahwa mata pilih warga binaan Lapas Kotaagung yang terdaftar sebagai DPT di KPU Kab. Pringsewu hanya 20 Orang. Kepada 20 orang ini Sofyan mengharapkan untuk dapat berpartisipasi aktif memberikan hak suaranya pada tanggal 17 April nanti.(Anton)

Tulis Komentar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed