oleh

Kapal Selam Pertama Produksi RI KRI Alugoro Diluncurkan

SURABAYA – Kapal selam pertama buatan anak bangsa diberi nama KRI Alugoro-405 yang diambil dari nama senjata Prabu Baladewa dalam cerita pewayangan.

KRI ketiga milik TNI Angkatan Laut Republik Indonesia tersebut diluncurkan pada Kamis (11/4/2019), di Dermaga Fasilitas Kapal Selam PT PAL (Persero) Surabaya.

Nama KRI Alugoro-405 diberikan langsung oleh Ibu Nora Ryamizard Ryacudu, isteri Menteri Pertahanan, Ryamizard Ryacudu.
Kata Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, Alugoro adalah jenis senjata yang dimiliki Prabu Baladewa dalam cerita pewayangan.

“Alugoro adalah senjata jenis gada dengan 2 ujungnya yang runcing,” katanya saat sambutan. Senjata Alugoro diberikan kepada Prabu Baladewa dari Batara Brama, gurunya, setelah dinyatakan lulus menuntut ilmu.

“Alugoro dipercaya memiliki kekuatan dan kesaktian, serta daya hancur yang luar biasa, sehingga Baladewa dianggap berhak memilikinya,” terang Ryamizard.

Dengan pemberian nama Alugoro, kapal selam KRI Alugoro-405 diharapkan mampu melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai senjata yang memiliki daya hancur yang dahsyat dan tidak terkalahkan dalam peperangan.

“Ini bisa menambah kekuatan alat pertahanan kita,” ucap Ryamizard. Sebelumnya, nama Alugoro juga pernah digunakan sebagai nama armada kapal selam yang didatangkan dari Uni Soviet, yakni RI Alugoro-406.

Kapal tersebut bagian dari pengiriman 12 kapal selam Whiskey Class dalam kampanye operasi Trikora pada 1962. KRI Alugoro-405 diproduksi dengan skema transfer teknologi dengan Korea Selatan.

Dalam hal ini Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering Co Ltd (DSME) Korea Selatan bekerjasama dengan perusahaan plat merah galangan kapal yakni PT PAL (Persero). kps

Tulis Komentar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed