oleh

Puluhan Siswa SMK di Bandar Lampung Ikuti Pelatihan Statistik

Puluhan siswa SMK di Bandar Lampung mengikuti pelatihan pengolahan data statistik dengan menggunakan SPSS selama 2 hari tanggal 28 dan 29 Februari 2019 bertempat di Ruang laboratorium, Senin (28/2/2019).

Pemateri dari IIB Darmajaya Muhammad Saputra, SE.,M.M menjelaskan tentang alat Statistik SPSS, Dimana SPSS merupakan sebuah program komputer statistik yang berfungi untuk membantu dalam memproses data-data statistik secara tepat dan cepat, serta menghasilkan berbagai output yang dikehendaki oleh para pengambil keputusan.

Statistik dapat diartikan sebagai suatu kegiatan yang bertujuan untuk mengumpulkan data, meringkas atau menyajikan data kemudian menganalisis data dengan menggunakan metode tertentu, dan menginterpretasikan hasil dari analisis tersebut. Ilmu statistik ini dapat ditemui di berbagai disiplin ilmu seperti ekonomi, jurnalistik, psikologi, dan lain-lain. Sebagai contoh, dalam bidang ilmu manajemen ilmu statistik ini berfungsi untuk membantu dalam pengambilan keputusan atas suatu masalah tertentu. Dalam penghitungan statistik, alat yang sering digunakan adalah olah data SPSS.

Baca Juga :  Jemaah Masjid Minta Pemkot Perbaiki Drainase

Berdasarkan sudut pandang statistik, terdapat dua jenis data yang dapat diolah menggunakan program SPSS, yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif merupakan data yang dapat dinyatakan dalam bentuk bukan angka, misalnya jenis pekerjaan seseorang yang meliputi nelayan, petani, pegawai, dan lain-lain. Selain itu bisa juga data gender (pria atau wanita), tingkat kepuasan seseorang mulai dari tidak puas, cukup puas, dan sangat puas, dan data lain yang berbentuk bukan angka. Data kualitatif seperti ini harus dikuantifikasi terlebih dahulu agar dapat diolah dengan statistik. Cara mengkuantifikasikan data kualitatif ini yaitu dengan cara memberi skor tertentu (wanita diberi skor 1, pria diberi skor 2), memberi rangking (tidak puas 1, cukup puas 2, dan sebagainya), atau memberi pendapat (Ya 1, Tidak 2). Ini akan memudahkan data untuk diolah dengan program SPSS.

Baca Juga :  Atlet Perbakin Lampung Sabet 2 Juara Umum sekaligus

Sedangkan data kuantitatif merupakan suatu data yang dapat dinyatakan dalam bentuk angka, misalnya tinggi badan seseorang, usia seseorang, jumlah penjualan dalam satu bulan, jumlah bakteri dalam suatu percobaan, dan lain sebagainya. Karena data ini sudah berbentuk angka, maka akan mudah untuk diaplikasikan ke dalam olah data SPSS.

Para siswa antusias mendengarkan materi, beberapa dari mereka bertanya tentang materi yang diberikan. Di ujung kegiatan, ditutup dengan praktik langsung dari siswa untuk mengolah data.

Menurut Muhammad Saputra, SE.,M.M pelatihan mengolah data SPSS tersebut tidak hanya sebagai bentuk kegiatan dalam rangka sosialisasi saja. akan tetapi, juga dimaksudkan untuk mendukung program sekolah mengenai literasi.

Baca Juga :  Warga Sekitar Keluhkan Debu Proyek Perluasan Lapangan Golf Sukarame

“Kami berharap para siswa mendapatkan tambahan wawasan, pengetahuan,dan ketrampilan dalam mengolah data SPSS dan juga menjadi bekal nantinya menjadi seorang analis,” terang Muhammad Saputra.

Tulis Komentar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed