oleh

Polres Lamsel Ludes Terbakar, 53 Tahanan Dievakuasi

  • CAP:Gedung Kepolisian Resor (Polres) Lampung Selatan terbakar pada Kamis sekitar pukul 11.30 WIB (Antaralampung.com/screenshot)

BANDARLAMPUNG –Polres Lampung Selatan, Kamis (2/5)sekira pukul 11.30 wib, terbakar. Dugaan sementara, api berasal dari korsleting listrik yang berasal dari ruang seksi umum (Sium).

Api yang pertama kali membakar ruang Sium itu, saat kejadian posisi ruangan sedang terkunci. Tidak lama kemudian api terlihat membesar dan menyebar membakar ke beberapa bangunan utama.
Dalam peristiwa itu, dua unit pemadam kebakaran dan satu water cannon diturunkan untuk memadamkan api tersebut. Personel kepolisian juga turut membantu memadamkan api dengan menggunakan alat seadanya.

Dalam kejadian itu, para tahanan di Polres Lampung Selatan sebanyak 53 orang dari berbagai kasus telah dipindahkan sementara ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Kalianda, Lampung Selatan sampai proses renovasi selesai.

Baca Juga :  DPRD Nilai Pertemuan Herman HN dengan Pol PP Langgar Perwali

Sementara, Kapolda Lampung Kapolda Lampung Irjen Purwadi Arianto bersama jajaran turun langsung memeriksa lokasi kebakaran.
Irjen Purwadi Arianto yang didampingi Kapolres Lampung Selatan AKBP M Syahran bersama Kabid Humas Polda Lampung AKBP Zahwani Pandra Arsyad dan jajaran mengecek satu demi satu ruangan yang telah hangus terbakar.

“Kondisi kebakaran mencapai 90 persen dan hampir menghanguskan seluruh ruangan,” kata Kabid Humas Polda Lampung AKBP Zahwani Pandra Arsyad, di Bandarlampung, Kamis (2/4).
Soal kerugian yang disebabkan kebakaran itu, Pandra belum bisa menafsirkan lantaran saat ini tengah dilakukan masa pendinginan pascakebakaran. Soal itu nanti akan dilakukan terlebih dahulu perincian dan audit.
“Nanti akan didata dulu oleh Kepala Biro Logistik Polda Lampung. Kita tidak bisa berandai-andai karena memang banyak berkas-berkas penting yang ludes terbakar dan saat ini masih dalam penilaian,” katanya pula.
Pandra menambahkan pascakebakaran itu hampir semua berkas dokumen ludes terbakar seperti berkas di Reskrim, SKCK dan berkas lainnya. Selain berkas, juga ikut ludes terbakar seperti barang bukti kendaraan roda dua.

Baca Juga :  Nelayan Kembali Diserang Buaya Pantai Saumil, Polsek Wonosobo Ingatkan Warga Hati-hati

“Hampir semua berkas dokumen penting terbakar termasuk barang bukti juga terbakar,” katanya.
Akibat musibah itu, untuk sementara operasional Polres dipindahkan ke gedung yang disediakan oleh Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan.
“Untuk mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat, polres sementara dipindahkan ke gedung yang disiapkan Pemkab Lampung Selatan yang berjarak 800 meter dari lokasi kebakaran,” katanya.

Pandra menyatakan hampir semua kegiatan Polres Lampung Selatan akan dipindahkan ke tempat baru di gedung itu. Selama proses pelaksanaan renovasi dan perbaikan, hanya ada dua pelayanan yang ditempatkan di kantor lama seperti Satuan Lalu Lintas dan SPKT.

“Kami hanya memindahkan yang kira-kira tidak bisa dipakai saja seperti Reskrim, Intel, dan lainnya,” kata dia pula.
Pandra menambahkan, kondisi saat ini personel di lokasi tengah melakukan pendinginan sisa-sisa bangunan yang terbakar. Personel sedang memeriksa apakah masih ada yang bisa diselamatkan seperti berkas-berkas dan barang bukti.
“Kami sudah meninjau bersama Kapolda Lampung, dan saat ini di lokasi personel sedang melakukan pendinginan,” katanya lagi. (Ant/JJ).

Tulis Komentar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed