Delapan SPBU di Tol Surabaya-Ngawi Beroperasi

16

Jakarta – Delapan SPBU, baik reguler maupun modular yang disiapkan Pertamina di jalur tol Surabaya-Ngawi, dinilai mendukung kenyamanan para pemudik, termasuk di antaranya, SPBU yang pekan lalu diujicobakan, yaitu SPBU 51.611.41di KM 725A antara Mojokerto-Surabaya.

Founder sekaligus Penasehat Fortuner Owners Club Indonesia (Forci) Wisnu Sambhoro, menyatakan, keberadaan delapan SPBU Pertamina tersebut akan memanjakan masyarakat yang hendak merayakan Idul Fitri bersama keluarga di kampung halaman.

“Keberadaan SPBU ini sangat membantu kami selaku pengendara mobil yang akan mudik lebaran,” kata Wismu di Jakarta, Selasa.

Menurut dia, dengan adanya stasiun pengisian BBM di sepanjang jalur tol tersebut, pemudik tidak perlu takut kehabisan BBM, apalagi, kondisi mudik memang rawan kemacetan, termasuk di jalan tol.

“SPBU akan menjadi penolong ketika BBM menipis, apalagi jika ruas tol cukup panjang. Tidak mungkin harus keluar tol dulu untuk cari BBM,” lanjutnya melalui keterangan tertulis.

Pengoperasian delapan SPBU di jalur tol Surabaya-Ngawi itu sendiri, menurut Wisnu, akan membuat pelaksanaan mudik kali ini menjadi lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya. Apalagi dibarengi dengan upaya instansi terkait untuk mengantisipasi melonjaknya volume kendaraan.

Anggota komunitas Mobilio Indonesia Community (Mobility) Hery Sutarto juga mendukung pengoperasian kedelapan SPBU di sepanjang tol Surabaya-Ngawi.
Menurut Hery, keberadaan SPBU sangat membantu para pemudik, sehingga tak perlu lagi khawatir kehabisan BBM jika melintas jalur tersebut.

Hery yang setiap tahun mudik lebaran ke kampung halaman di wilayah Jawa Timur, mengakui manfaat kehadiran berbagai stasiun pengisian BBM Pertamina.

Bahkan menurut dia, sejak tahun 2017 dan 2018, BUMN migas tersebut terus meningkatkan pelayanan bagi para pengguna jalan tol, tidak hanya tol Surabaya-Ngawi namun juga ruas jalan tol lain.

Untuk itu Hery berharap ke depannya, Pertamina lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan menyediakan SPBU dengan skala ukuran yang lebih besar.

Menghadapi mudik lebaran 2019, Pertamina menyiapkan delapan SPBU sepanjang tol Surabaya-Ngawi, di antaranya, terdapat SPBU reguler dan juga SPBU modular. Salah satunya, SPBU reguler yang dilakukan uji operasi pekan ini, yaitu pada KM 725A. SPBU reguler tersebut menyediakan berbagai produk, mulai Pertamax Turbo, Pertamax, Pertalite, Biosolar, Dexlite, dan Pertamina Dex.

Selain itu, pada pekan pertama bulan puasa, Pertamina juga akan melakukan uji operasi SPBU regular, yaitu SPBU 51.632.21, di ruas tol yang sama. SPBU tersebut berlokasi di rest area Ruas Tol Trans Jawa KM 575B (Madiun-Ngawi), di jalur arah keluar Surabaya. ant