PAN Terbuka Berkoalisi dengan Kubu Jokowi

1

PARTAI Amanat Nasional (PAN) tak mau terburu-buru membuka diri untuk bergabung ke koalisi pendukung Jokowi. Wakil Ketua Umum PAN, Viva Yoga Mauladi, mengatakan partainya masih terikat dengan koalisi pengusung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Pilpres 2019.

Ia menilai, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan akan menentukan posisi usai KPU resmi menetapkan capres dan cawapres terpilih.

“Setelah tanggal 22 Mei seperti kata ketua umum bang Zulhas (Zulkifli Hasan) nanti akan diputuskan di internal partai. Apakah nanti PAN akan bergabung dengan parpol pemerintah atau PAN akan berada di luar pemerintah,” kata Viva Yoga di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin 13 Mei 2019.

Viva mengatakan, PAN masih membuka kemungkinan terhadap apa pun, termasuk bergabung ke barisan pemerintah yang memenangkan pilpres.

Adapun jika bergabung ke koalisi Jokowi, menurutnya, tak melulu dinilai karena alasan pragmatis.

“Jadi karena negara ini negara yang besar idealnya lembaga-lembaga demokrasi yang ada terutama parpol juga bersatu padu untuk membangun visi Indonesia ke depan,” ujar Viva.

Lebih lanjut, Viva Yoga tak menampik pertemuan Jokowi dan Zulkifli di Istana, beberapa waktu lalu turut membahas arah koalisi. Termasuk kehadiran Jokowi pada buka bersama di rumah Zulkifli baru-baru ini.

“Jadi proses komunikasi itu sudah berlangsung dan tidak ada perbedaan dari dulu hingga sekarang. Kita tetap kompak, meski berbeda pilihan politik,” kata dia. (VN)