Arinal-Nunik Bertekad Majukan Ekonomi Daerah

29

BANDARLAMPUNG – Presiden Joko Widodo secara resmi melantik Arinal Djunaidi dan Chusnunia Chalim sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung Periode 2019-2024, di Istana Negara, Rabu (12/06).

Pasangan ini merupakan kepala daerah dan wakil kepala daerah terpilih pada Pilgub Lampung 2018. Pada Pilgub yang digelar pada 27 Juni 2018 itu Arinal-Nunik memperoleh suara 37,78 persen mengalahkan pasangan petahana Ridho Ficardo-Bachtiar Basri dan pasangan Herman HN-Sutono.

Arinal adalah mantan Sekdaprov Lampung. Dia birokrat tulen yang menjadi karier kepegawaiannya dari bawah. Sementara Nunik adalah mantan Bupati Lampung Timur. Tokoh wanita NU ini sebelumnya aktif sebagai anggota DPR RI.

Pasangan ini akan memimpin Lampung untuk kurun waktu lima tahun ke depan (2019 sampai dengan 2024.

Keduanya bertekad memajukan ekonomi daerah melalui sejumlah aksi, seperti pengembangan komoditas maupun infrastruktur.

“Kami ingin Lampung itu berjaya pada masa yang akan datang karena Lampung mempunyai satu potensi yang khas karena daerah ini di tengah-tengah antara Pulau Sumatera dan Pulau Jawa dan ke depannya ibu kota, pusat ekonomi, kemudian kami punya komoditas yang menasional,” ujar Arinal usai pelantikan sebagai gubernur oleh Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Rabu (12/6).

Menurut Arinal, diperlukan tata kelola yang baik untuk membenahi potensi perekonomian Lampung.

Dengan tata kelola yang makin baik, lanjut dia, sektor perikanan, perkebunan, kelautan, hingga kehutuanan bisa menghasilkan secara lebih baik.

“Kami akan mengembangkan infrastruktur yang menunjang hulu ekonomi karena bagaimanapun sekarang tol sudah ada, terpanjang di Indonesia, saya harapkan tol itu bisa memberikan kontribusi terhadap ekonomi yang ada di perdesaan, kecamatan. Tanpa harus berbasa-basi, jalan provinsi harus ditingkatkan, jalan kabupaten pun ditingkatkan,” kata Arinal.

Selain komoditas tersebut, Arina mengatakan bahwa potensi pariwisata Lampung pun dapat memberikan dampak positif pada perkembangan perekonomian.

Sementara itu, Wakil Gubernur Chusnunia Chalim mengatakan bahwa pemerintah daerah akan makin mendukung UMKM.

“Ekonomi kreatif juga akan diwadahi, ini termasuk musik dan hal lain lebih terbuka. Anak-anak muda juga diwadahi,” jelas Chusnunia.(ria/ant)

Haluan TV APK