Sesat Agung dan Islamic Center Tubaba Jadi Objek Wisata Lebaran

16

TULANGBAWANG BARAT- Komplek Islamic Center Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) menjadi salah satu lokasi wisata pilihan bagi masyarakat selama lebaran Idul Fitri 2019 ini.
Hal itu terlihat dari ramainya pengunjung yang berdatangan di lokasi berdirinya Masjid Agung Baitus Shobur atau Masjid 99 Cahaya Asmaul Husna dan Sesat Agung Bumi Gayo Ragem Sai Mangi Wawai tersebut.
Berdasarkan pantauan pada H+6 lebaran, Rabu (12/6), ada ratusan kendaraan baik roda dua maupun roda empat bergantian memadati lokasi parkir di komplek tersebut, bahkam hingga ke bahu jalan.
Momen lebaran dan libur bersama ini tampaknya tak disia-siakan oleh masyarakat untuk mengunjungi tempat-tempat wisata lokal di bumi Ragem Sai Mangi Wawai itu. Para pengunjung mulai dari anak-anak, remaja usia sekolah, hingga orang dewasa juga ikut ambil bagian berbondong-bondong datang ke ikon yang menjadi simbol religius dan budaya tersebut.

Hal ini tentunya sesuai dengan tujuan Pemkab Tubaba membangun ikon-ikon daerah berbeda dari umumnya, yakni agar menjadi destinasi (tempat) wisata, baik bagi wisatawan lokal, luar daerah, bahkan hingga manca negara.
Selain Tugu Rato Nago Besanding dan beberapa bangunan ikonik lainnya telah yang berhasil menarik minat pengunjung datang ke Tubaba, Komplek Islamic Center yang disebut-sebut sebagai “Komplek Dunia Akhirat” juga terbukti menjadi magnet baru untuk menarik wisatawan.

“Wah, saya sering bang ke sini (Islamic Center). Tempatnya indah, dan cocok untuk bersantai. Paling sedikit, satu kali dalam seminggu saya kesini menghabiskan waktu bersama teman-teman ataupun keluarga,”ungkap Jaya (26), saat berbincang-bincang
Selain memang memiliki nilai estetika (keindahan), Dia menilai bangunan tersebut penuh arti dan filosofi sehingga banyak pengunjung yang tetap penasaran berdatangan ke Komplek Islamic Center tersebut.
”Bangunannya unik, tapi sepertinya banyak arti yang terkandung di setiap sisi bangunan itu. Orang yang datang ternyata tidak hanya dari seputaran Tubaba saja, tapi dari luar daerah juga menyempatkan diri berkunjung kesini,”kata dia yang mengaku berasal dari seputaran Kecamatan Tulang Bawang Tengah.

Menurutnya, masyarakat Tubaba patut bangga karena daerahnya mulai terkenal, khususnya dalam bidang pariwisata. Dia juga optimis, kedua bangunan ini akan semakin mengangkat nama Kabupaten Tubaba.
”Obyek wisata ini menjadi salah satu kebanggaan masyarakat Tubaba, buktinya mereka juga secara tidak langsung ikut memperkenalkan tempat ini kepada masyarakat luas, ini bisa kita lihat di media sosial sudah banyak yang mengunggah foto-foto saat berkunjung kesini,”ulasnya.
Selain bersantai dan bersenda gurau, hampir setiap pengunjung takkan melewatkan kesempatan untuk berswafoto (selfie) di sekitar lokasi bangunan.

”Objeknya bagus dan indah Kak, jadi sangat rugi jika pengunjung tidak mengabadikannya dalam galeri fotonya.
Ada danau disekitar Masjid dan Sesat Agung, belum lagi tanaman yang tumbuh di taman-taman tersebut juga sangat bagus dijadikan latar atau background foto,”ujar Eva (33), salah seorang pengunjung yang datang jauh-jauh dari Kabupaten Lampung Utara bersama dengan keluarganya.(Son/JJ).

Haluan TV APK