Oktober, Pilkades Serentak Digelar

16

PESAWARAN – Bagian Pemerintahan Desa (Pemdes) Sekdakab Pesawaran, mulai menyurati setiap camat yang ada di 11 kecamatan yang ada, terkait Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang akan dilakukan pada bulan Oktober mendatang. Hal ini disampaikan Isroni Mihradi, saat ditemui di ruang kerjanya. Kamis (13/6).

“Maksud dari surat yang kami layangkan, agar setiap desa yang akan melaksanakan Pilkades agar segera menyusun panitia Pilkades di desanya masing masing,” jelasnya.
Dirinya juga mengatakan, panitia Pilkades akan beranggotakan, perangkat desa dan tokoh masyarakat yang ada di desa tersebut, yang akan di bentuk oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD) setempat.

“Sedangkan untuk PJ kepala desa, itu hak kewenangannya ada di Camat, siapa yang akan di ajukan oleh nya kepada bupati, syaratnya harus Pegawai Negeri Sipil (PNS) aktif yang harus menjadi Pj Kades,” paparnya.
“Pada tanggal 26 Juni mendatang, baru ada12 pj kades yang harus ditetapkan, itupun hanya untuk Kecamatan Gedongtataan, sedangkan untuk kecamatan lainnya akan menyusul,” tambahnya.

Pilkades serentak, lanjutnya, akan dilakukan pada bulan oktober mendatang, di 80 desa dari 11 kecamatan yang ada dan pada bulan desember akan dilakukan pelantikan terhadap kades terpilih.
“Kalau untuk pendaftaran calon kades, akan dibuka pada 1 Juli mendatang, dan sebelum pendaftaran akhir Juni kita akan melakukan bimtek kepada panitia Pilkades masing masing dua yang akan ikut bimtek,” jelasnya.
Disinggung dengan ada Tempat Pemungutan Suara (TPS) di masing masing dusun, Isroni mengatakan, adanya keterbatasan anggaran menyebabkan hal tersebut belum dapat dilakukan.

“Untuk saat ini kita masih menggunakan pola lama, yaitu 1 TPS saja, dengan ditempatkan di tempat yang strategis, dan Pilkades ini biayanya, dibebankan ke pada APBDes masing masing desa, kalau kabupaten hanya membantu honorer panitia sebesar 125 ribu perbulan, itu pun hanya untuk 5 orang saja, sisanya kembali desa yang menanggung,” paparnya.

Sedangkan, lanjutnya, untuk pendataan mata pilih, akan dilakukan pada setiap dusun dengan dilakukan oleh panitia Pilkades. “Itu nanti panitia Pilkades yang akan mendata, karena bulan Juli mendatang, mereka kan sudah menerima honor sampai bulan Desember ketika pelantikan kades terpilih,” tutupnya. (Toni/Mus/JJ)

Haluan TV APK