oleh

“Arinal Memantik Terobosan Apik” Kelak, ke Bakauheni Bisa Naik Kereta Api

BANDARLAMPUNG – Baru dilantik, Arinal langsung memantik terobosan apik, yakni akan membanguan jalur kereta api shortcut Bandarlampung-Bakauheni.

Terobosan pembangunan bidang transportasi ini telah dibahas bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Kantor Kementerian Perhubungan, Selasa (25/6).

Menurut Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Fahrizal Darminto, rencana itu bersifat jangka panjang dan sangat menguntungkan

Disebutkan, dari studi yang sudah dilakukan, jika shortcut ini beroperasi, akan mampu mengangkut batu bara sampai 30 juta ton per tahun. Jalur ini juga kelak bisa digunakan untuk angkutan penumpang Trans Sumatera.

Proyek shortcut Bandarlampung-Bakauheni juga sudah menghasilkan peta pembebasan lahan.

Berdasarkan catatan Dirjen Perkeretaapian, untuk pembangunan perkeretaapian di Sumatera Kementerian Perhubungan telah menargetkan pembangunan 3 jalur Kereta Api (KA) sejak 2014. Ketiga jalur itu dibangun untuk memperpendek waktu tempuh antar wilayah.

Baca Juga :  Pemprov Lampung Dukung Kemitraan Pertashop Melalui BUMD/BUMDes

Adapun jalur KA yang ditargetkan selesai tahun 2019 itu ialah Bireun-Lhokseumawe segmen Krueng Geukueh ke Paloh Batee sepanjang 8,3 km. Jalur KA Bireun-Lhokseumawe memiliki panjang 54,49 km yang dikerjakan bertahap.

Selain itu, jalur KA Besitang-Langsa segmen Besitang-Sei Liput sepanjang 35 km, dan jalur KA Rantauprapat-Kota Pinang segmen Rantauprapat-Pondok S2 di Sumatera Utara sepanjang 33 km juga ditargetkan selesai.

Dengan pembahasan jalur kereta api trans Sumatera yang dilakukan Gubernur Arinal dan Menhub Budi Karya Sumardi, keuntungan yang diperoleh Provinsi Lampung tidak saja pada pengembangan perekonomian, tapi juga kelancaran arus lalu lintas.

“Sebab, dengan jalur shortcut yang bakal dibangun ini, nantinya kereta api batu bara tidak lagi melewati jalur dalam kota. Diharapkan bisa memperlancar arus lalu lintas dan mencegah kemacetan,” ujar Fahrizal. (lpro/iwa)

Tulis Komentar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed