Arinal Lepas CJH Lampung Gelombang Pertama

10

BANDARLAMPUNG – Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi melepas keberangkatan jamaah haji Provinsi Lampung yang tahun ini menggunakan jalur udara dari Bandara Radin Inten II ke Jakarta.

Arinal berpesan kepada jamaah untuk menjaga nama baik Indonesia dan Provinsi Lampung. Ia berjanji akan terus memperjuangkan terkait embarkasi penuh.

“Minggu depan saya akan bertemu dengan pihak Angkasa Pura untuk membicarakan proses embarkasi penuh Bandara Internasional Radin Inten II,” ucapnya.

Tak hanya itu, Arinal juga mengingatkan kepada jamaah haji untuk senantiasa bisa menjalankan tugas kehajiannya agar mabrur.

“Di sana, kita harus saling toleransi, dan Insya Allah keberangkatan haji yang pertama ini akan membawa masa depan Lampung kepada masa depan yang akan datang. Saya berharap di masa depan akan ada embarkasi haji internasional,” katanya.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Departemen Agama Provinsi Lampung, Suhaili mengatakan, total kuota haji Lampung adalah 7.423 jamaah yang dibagi dalam 2 gelombang.

Gelombang pertama terdiri dari 5 kloter dan gelombang kedua 14 kloter.

“Hari ini yang akan berangkat adalah gelombang pertama kloter 5 dari Lampung Tengah sebanyak 410 jamaah,” paparnya.

Jamaah tertua berasal dari Pringsewu berusia 97 tahun atas nama Marliyah dan jamaah termuda berasal dari Lampung Utara berusia 18 tahun atas nama Asmad.

Untuk tahun ini ada perubahan peningkatan pelayanan, tahun sebelumnya untuk pemeriksaan pelayanan di butuhkan 7 sampai 8 jam, untuk tahun ini di lakukan di provinsi masing masing, sehingga pada saat jamaah haji tiba di Arab Saudi dapat langsung menaiki bus menuju lokasi pondok masing masing.

“Pemondokan di Mekah sudah menggunakan sistem zonasi sehingga jamaah Lampung dalam satu daerah dan tidak terpisah, untuk jatah makan telah di sesuaikan dengan daerah,” ujarnya.(ria)

Haluan TV APK