Danrem dan Bupati Lampura Hadiri Pembukaan TMMD di Batu Nangkop

3

Lampung Utara – Upacara pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 Kodim 0412/LU, dilaksanakan di lapangan Desa Batu Nangkop Kecamatan Sungkai Tengah Kabupaten Lampung Utara. Rabu (10/7/2019).

Pada upacara pembukaan TMMD tahun 2019 ini, ada hal yang menarik dimana, Bupati Lampung Utara (Lampura), H. Agung Ilmu Mangkunegara, S.STP, MH selain bertindak sebagai inspektur upacara, Bupati Agung mendapatkan kehormatan istimewa yakni menggunakan seragam TNI.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Komandan Korem (Danrem) 043/Garuda Hitam, diwakili oleh Kasrem 043/Garuda Hitam, Letkol CZI Mulyadi, Dandim 0412/LU, Letkol Inf Krisna Pribudi, Ketua DPRD, H. Rachmat Hartono, Kajari Lampura, Yuliana Sagala, SH, MH.

Nampak hadir, Wakil Bupati Lampura, H. Budi Utomo, SE, MM, Danyon Letkol Mar Syahrul, Pj Sekda, Sofyan, Danlanal diwakili oleh Dandenpomal Mayor Pom Prasetyo, para Camat, seluruh Perwira Jajaran Kodim 0412/LU, Ketua Persit KCK Kodim 0412/LU, HIPAKAD Lampura, para Kepala Desa beserta masyarakat.

Dalam sambutannya, Bupati Lampura menyampaikan, kegiatan TMMD merupakan suatu kegiatan yang selalu mendapat dukungan dari semua pihak dan semua elemen masyarakat termasuk dari Pemerintah Kabupaten Lampung Utara.

“Membangun bangsa ini tidak dapat dilakukan oleh satu lembaga saja atau organisasi saja, tetapi perlu sinergitas apa yang harus dilakukan bersama-sama, dan saya berharap, sinergitas yang baik ini, dapat terus dipertahankan untuk waktu yang akan datang,” tutur Bupati Agung.

Menurut Bupati, keikutsertaan personil TNI dalam program ini, juga mencerminkan adanya sinergitas antara TNI dalam mewujudkan masyarakat Indonesia yang sejahtera, bahkan prajurit TNI terlibat langsung dalam TMMD, dan mendorong masyarakat untuk ikut aktif dalam setiap kegiatan yang dipelopori TNI.

“Inilah bentuk sinergitas, gotong royong dan kemanunggalan TNI bersama seluruh elemen serta masyarakat,” ujarnya.

Usai digelarnya upacara pembukaan TMMD Ke-105, Kasrem 043/Garuda Hitam, Letkol CZI Mulyadi, saat diwawancara oleh awak media yang tergabung di Asosiasi Wartwan Profesional Indonesia (AWPI), menjelaskan bahwa TMMD ini pada dasarnya merupakan bottom up planning dari masyarakat setempat.

“Iya itu dari masyarakat, lalu kita akomodir jadi program ini, dan InsyaAlloh ini sangat bermanfaat bagi masyarakat. Kemudian kegiatan ini dibagi menjadi dua kegiatan yakni, fisik dan nonfisik,” papar Letkol CZI Mulyadi.

Untuk nonfisik, terang Letkol CZI Mulyadi, itu lebih pokok, seperti penyuluhan ataupun sosialisasi wawasan kebangsaan, Bela Negara, penyuluhan tentang narkoba dan lain sebagainya. “Sedangkan yang fisik, InsyaAlloh bisa dikerjakan oleh semua orang,” katanya.

Pria berbadan tegap dan ramah ini juga berharap dengan dilaksanakan kegiatan TMMD Ke-105 di Desa Batu Nangkop, semoga dapat bermanfaat untuk masyarakat sekitar, kemudian bisa berkelanjutan untuk kedepannya.

Pantauan media ini, dalam pembukaan TMMD juga dilaksanakan kegiatan sosial diantarnya, pelayanan KB, berobat gratis, sunatan masal, pelayanan kependudukan oleh Dinas Dukcapil Lampura dan Bazar Sembako.

Adapun serangkaian kegiatan fisik TMMD yang dilaksanakan oleh Kodim 0412/LU yakni pembukaan jalan sepanjang 2,2 KM, pembangunan MCK di Masjid Mambaul Huda, pembangunan 7 unit gorong-gorong, corplat, pembuatan box culvert rehab Masjid dan Pengecatan Masjid Al Istiqomah, serta merehab Gereja GKSBS. (*)