Bupati Pesibar Sholat Idul Adha di Lapangan Merdeka

0
24

Pesisir Barat–Bupati Pesisir Barat (Pesibar) Agus Istiqlal melaksanakan Sholat Idul Adha 1440H/2019M bersama Masyarakat Kecamatan Pesisir Tengah, di lapangan Merdeka Labuhan Jukung, pada minggu (11/8/2019).

Bupati mengatakan Hari Raya Idul Adha tanggal 10 dzulhijjah 1440 Hijriyah ini, berjuta-juta kaum muslimin dari segala penjuru dunia terhampar di padang Arafah, menunaikan Ibadah Haji yang merupakan Rukun Islam yang kelima. Inilah hari besar kemanusiaan dan keimanan, yang ditandai dengan syi’ar penyembelihan hewan kurban, untuk mengenang peristiwa pengorbanan Nabi Ibrahim Alaihissalam setelah beliau menerima

Wahyu Illahi melalui mimpi, yang memerintahkan beliau menyembelih puteranya, ismail. ” sungguh menjadi sebuah ujian keimanan yang amat sulit dan berat untuk dilaksanakan, bahkan tidak terbayangkan dari segi kemanusiaan,” jelas Bupati.

Bupati juga menyampaikan bahwa peringatan hari Raya Idul Adha dan ibadah Kurban memiliki dua makna penting sekaligus. Pertama, makna ketakwaan manusia atas perintah sang Khalik, kedua makna sosial, di mana Rasulullah melarang kaum mukmin mendekati orang-orang yang memiliki kelebihan rezeki, yang tidak menunaikan perintah untuk qurban.

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang menjelaskan bahwa “ Barang siapa yang memiliki kelapangan (rezeki) lalu tidak melakukan Kurban, maka janganlah mendekati tempat sholatku ”. Dalam konteks itu, Nabi bermaksud mendidik umatnya agar memiliki kepekaan dan solidaritas tinggi terhadap sesama. Kurban adalah media ritual, selain zakat, infak dan sedekah, tutup Bupati.

Acara selanjutnya akan dilanjutkan dengan pemotongan hewan Kurban, secara simbolis oleh Bupati Pesisir Barat.

” Pemotongan hewan Kurban Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat berjumlah 55 ekor dengan rincian 11 ekor sapi berasal dari APBD

Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat dan 44 ekor sapi berasal dari sumbangan Kurban seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berada di lingkungan pemerintah Kabupaten Pesisir Barat.” yang akan direalisasikan sebanyak 14 ekor sapi akan disembelih di halaman pemkab pesisir barat dan 41 ekor sapi disebar di seluruh Kecamatan di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat.

Turut hadir Ketua TP. PKK Hj.Septi Istiqlal beserta keluarga, Wakil Bupati Erlina beserta keluarga, Plh.Sekda Edi mukhtar, Danramil Pesisir Tengah, seluruh kepala OPD Pemkab Pesibar, dan masyarakat setempat, serta HBI. (rls)

Haluan TV APK

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here