Petani Kopi Waykanan Studi Banding ke Jabar

0
16

WAYKANAN – Wakil Bupati Way Kanan Edward Anthony, melepas Peserta Study Tiru Reflikasi Kelembagaan Bisnis dan Kemitraan Pasar Ekspor Kopi Robusta Way Kanan ke Koperasi Mitra Malabar Jawa Barat, di Rumah Jabatan Wakil Bupati Way Kanan, Senin (12/08/2019).

Edwar mengharapkan nantinya para peserta akan mendapatkan ilmu pengetahuan yang banyak bagaimana cara menghasilkan biji kopi yang lebih bermutu dan bekualitas.

Ia menjelaskan, saat ini kemampuan petani kopi di wilayahnya masih rendah dalam hal penerapan teknologi usaha tani. Hal ini menyebabkan rendahnya produktivitas.

Terkait hal tersebut, maka pemerintah sebagai fasilitator bagi koperasi-koperasi kopi yang ada di Kabupaten Way Kanan telah melakukan MoU dengan Bank Indonesia terkait akses pengembangan Usaha Kopi yang dapat berguna bagi usaha koperasi Kopi yang ada di Kabupaten Way Kanan.

Namun demikian, secara umum peran kopi sebagai sumber pendapatan petani belum menggembirakan. Harga kopi ditingkat petani selalu pada kondisi sub-optimal dan tidak menguntungkan, baik bagi petani maupun bagi industri olahan kopi.

Perkebunan kopi di Waykanan tersebar di wilayah kecamatan Banjit, Kasui, Rebang Tangkas, Baradatu, dan Gunung Labuhan. Luas area perkebunan kopi rakyat di Kabupaten Way Kanan seluas 25.895 hektar dengan jumlah produksi buah kopi mencapai 13.355 ton/tahun. (sir)

Haluan TV APK

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here