Tiga SD di Talang Minta TPS Dipindahkan

13

BANDARLAMPUNG – Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1, 2 dan 4 Kelurahan Talang, Kecamatan Telukbetung Selatan, Bandarlampung meminta tempat pembuangan sampah (TPS) sementara di dekat lokasi sekolah ini dipindahkan karena mengganggu proses belajar mengajar.

“Para guru dan siswa di sini sangat terganggu dalam proses belajar mengajar karena bau sampah dari TPS yang ada tepat di sebelah SD yang menjadi satu lokasi ini,” kata Kepala SDN 1 Talang Elnawati, di Bandarlampung, Senin (12/8).

Dia mengatakan, para guru dan siswa di sekolah tersebut setiap hari harus merasakan aroma yang tidak sedap akibat tumpukan sampah dari TPS yang berjarak sekitar 10 meter dari tempat pendidikan itu.

Dia pun meminta, dinas terkait dapat memindahkan keberadaan TPS yang sudah berbau tidak sedap dan juga mengundang banyak lalat bertebaran di ruangan sekolah itu serta tempat jajanan para siswa SD tersebut.

Menanggapi keluhan itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bandarlampung Sahriwansah mengatakan, persoalan bau sampah itu biasa dimana-mana yang namanya sampah sangat tidak mungkin mengeluarkan aroma harum.

“Terkait pemindahan TPS yang berada dekat sekolah tersebut tentunya juga sangat sulit, sebab jika memang harus dipindahkan sulit untuk mendapatkan lokasinya,” kata dia lagi.

Dia mengatakan, akan melihat terlebih dahulu lokasi TPS tersebut dan apabila ingin dipindahkan pihak yang memiliki wilayah harus menyediakan tempatnya, sebab pihaknya hanya tahu untuk mengangkutnya dan memindahkannya ke TPA Bakung.

“Pihak yang berwenang harus menyediakan lokasinya, dan apabila dipindahkan apakah ini akan menjadi permasalahan baru,” kata dia pula.