PBK Sukses Tekan Angka Pengangguran di Tubaba

0
26

TULANGBAWANG BARAT- Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) melalui pelatihan boarding yang diberikan oleh Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas- Kementerian Ketenagakerjaan RI, ikut andil dalam menekan angka pengangguran di Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba).

Sebab, sejak tahun 2018 lalu puluhan warga usia kerja di kabupaten setempat telah mengikuti pelatihan yang difasilitasi Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Tubaba tersebut.
Hasilnya, dengan modal sertifikat keahlian yang diterima setelah lulus dalam pelatihan tersebut mengantarkan sebagian peserta PKB asal Tubaba mendapatkan pekerjaan.

Selain itu, mereka juga bisa membuka usaha sendiri dengan kemampuan yang telah dimilikinya setelah mengikuti pelatihan. Salah satunya adalah Saidi, warga RK 1 RT 5 Tiyuh Penumangan Kecamatan Tulang Bawang Tengah yang mendapat panggilan kerja dari PT. ZMG Telekomunikasi-Jakarta, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang Teknologi Informasi.
Saidi mengaku bahwa manfaat pelatihan itu sangat besar sekali, karena bisa memiliki keahlian sesuai bidang yang diikuti.

“Bahkan saya tidak menyangka setelah mengikuti pelatihan itu dan dinyatakan lulus serta mendapatkan sertifikat, malah dapat panggilan kerja dari perusahaan tersebut. Mereka langsung yang mendatangi BBPLK untuk merekrut tenaga kerja, dan Alhamdulillah dari Lampung saya yang sudah mendapat panggilan,”ungkapnya, yang telah mengikuti PBK selama 1,5 bulan di BBPLK- Bekasi di tahun 2019 ini.

Sementara itu, Kepala Disnakertran Kabupaten Tubaba Hasan Badri, SH, mengungkapkan bahwa, berdasarkan data dari BPS, angka pengangguran di daerah setempat khususnya pada tahun 2017-2018 menunjukkan peningkatan.

Untuk itu, pihaknya terus berusaha mencari solusi dengan segala keterbatasan yang ada, dengan harapan setidaknya dapat mengurangi angka pengangguran di Tubaba, meskipun secara bertahap.

Salah satunya adalah berkoordinasi sekaligus menjalin kerjasama dengan Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) yang berada dibawah naungan langsung Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas- Kementerian Ketenagakerjaan RI.

“Alhamdulillah usulan kita selalu diakomodir, tidak hanya oleh BBPLK-Bekasi, tapi juga BBPLK Serang dan Banten juga kita mendapat kuota dalam kurun waktu dua tahun ini,”ungkapnya didampingi Kabid Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja (Bina Penta), Arum Lestari, SKM, MM, saat di temui di ruang kerjanya, Selasa (13/8) siang. (Toni/JJ).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here