Tenang! Semua Parpol Pendukung Kebagian

0
29

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) memastikan semua partai politik pendukungnya mendapatkan posisi di Kabinet Kerja jilid II. Namun, partai-partai yang tak lolos Parlemantary Threshold (PT) di DPR tersebut belum tentu dapat jatah kursi menteri.

“Semuda dapat, hanya dapat apa tidak selalu menteri, bisa di bawahnya,” kata Jokowi dalam pertemuan dengan para Pemimpin Redaksi Media di Istana Negara, Jakarta, Rabu (14/8).

Jokowi menyatakan bahwa penyusunan Kabinet Kerja jilid II sudah final. Komposisi akan diisi sebesar 45 persen dari parpol dan 55 persen dari kalangan Profesional.

Jokowi juga memastikan, dirinya masih mempertahankan sejumlah nama menteri yang ada di Kabinet Kerja jilid I.

Mengenai posisi Jaksa Agung, Presiden memberi bocoran tidak akan berasal dari kalangan partai politik. Ini berarti Jaksa Agung Prasetyo yang merupakan kader Partai NasDem dipastikan tidak akan ditugaskan lagi.

“Jaksa Agung pasti bukan dari parpol,” ujar Jokowi.

Soal siapa orang tersebut, Jokowi belum mau mengungkapnya. Dia memberikan clue, bahwa dirinya pasti memperhatikan suku, etnis dan agama dalam memilih Jaksa Agung.

Selain didominasi profesional, dia juga menyebutkan bahwa nanti dalam kabinetnya ada menteri yang berusia di bawah 30 tahun.

Kabinet yang berusia muda ini, ditegaskannya bukan berasal dari unsur partai politik.

“Dia berlatar belakang profesional, dengan jejak manajerial yang bagus,” ujar Jokowi.

Secara khusus dia mengungkapkan bakal ada nomenklatur baru kementerian bidang investasi. Ini diperlukan karena menurut Jokowi, problem neraca perdagangan yang selalu defisit itu disebabkan oleh dua faktor, yakni investasi dan ekspor.

Karena itu, selain bidang investasi, pihaknya pun berniat untuk menata kembali kewenangan pengelolaan ekspor dalam kabinet. Dia menyatakan bahwa soal ekspor bisa saja ditangani oleh kementerian yang berbeda dari sekarang. (dbs/iwa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here