RSUD Ahmad Yani Metro Dapat Penghargaan BPJS Kesehatan Award

10

Metro – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jenderal Ahmad Yani Kota Metro, Lampung mendapatkan penghargaan sebagai lima besar rumah sakit tipe B terbaik di Indonesia pada malam penganugerahan BPJS Kesehatan Award 2019.

“Berkat petunjuk Bapak Wali Kota, koordinasi dengan Dinas Kesehatan dan juga kerja sama direksi dengan semua staf medis, paramedis, seluruh elemen di RSUD Jenderal A Yani, dan juga atas dukungan warga Kota Metro, RSUD Jenderal A Yani berhasil meraih penghargaan ini dan sebagai satu-satunya wakil dari luar Jawa yang masuk predikat lima RS tipe B terbaik di Indonesia,” kata Direktur RSUD Jenderal A Yani Metro dr Trestyawaty Tondi Nasution SpOG, di Kota Metro, Minggu (18/8/2019).

Ia menegaskan, RSUD Ahmad Yani terus memperbaiki kinerja dan berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Menurut dia, indeks kepuasan masyarakat terhadap pelayanan RSUD Jenderal A Yani pada Juni-Juli 2019 meningkat menjadi sebesar 82,38 persen.

Penilaian penghargaan ini dilakukan secara ketat melalui beberapa tahapan seleksi, dengan tim juri penilai melibatkan segala unsur yang terkait dengan Program JKN-KIS yang diketuai mantan Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi, anggota DPR RI Dede Yusuf, asosiasi dinas kesehatan pusat, yayasan konsumen, asosiasi profesi, dan asosiasi fasilitas kesehatan dan BPJS Pusat.

Selain berdasarkan data yang dikirimkan, tim juri juga melakukan survei langsung ke lapangan untuk melihat kondisi riil di fasilitas kesehatan, khususnya untuk penilaian rumah sakit, tim penilai juga ada yang menyamar sebagai pasien untuk menilai langsung pelayanan terhadap publik.

Tim melakukan penilaian terhadap 23.102 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) 2.406 rumah sakit (RS) dan 1.264 apotek diseleksi dari tahapan kantor cabang, kantor kedeputian wilayah, hingga tingkat nasional.

BPJS Kesehatan Award dapat menjadi contoh, benchmark kepada faskes lain, jika ingin menjadi mitra BPJS Kesehatan. (ANTARA)

Haluan TV APK