Moeldoko Sebut Prabowo Tidak Miliki Lahan di Ibu Kota Baru

0
18

KEPALA Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko menyebut lahan yang akan dijadikan Ibu Kota baru tidak lagi dimiliki Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Sebelumnya, mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan menyatakan, tanah di lokasi ibu kota baru merupakan milik Prabowo Subianto.

“Kemarin itu eks ITCI (International Timber Corporation Indonesia), katanya sih bukan lagi kepemilikan Prabowo,” ujar Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (27/8/2019).

Mantan Panglima TNI itu pun memastikan tanah yang akan dijadikan lahan untuk ibu kota baru merupakan milik pemerintah.

Meski demikian, ia membenarkan tanah yang berada di Kalimantan Timur itu dulunya pernah dikelola pihak swasta.

“Sepertinya begitu (sudah diambil negara-red), tapi kan ada tahapannya,” kata Moeldoko.

Sebelumnya Mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan melalui laman pribadinya disway.id menyebut terdapat lahan milik Prabowo Subianto di lokasi yang akan menjadi ibu kota baru Indonesia.

Menurut Dahlan, ketika masih hutan belantara lahan di Kutai Kertanegara dan Penajam Paser Utara itu dikuasai perusahaan asing ?International Timber Corporation Indonesia (ITCI) yang berpusat di Amerika Serikat.

Perusahaan tersebut memiliki hak penebangan hutan yang kayu-kayunya di ekspor ke luar negeri. Kini lahan tersebut tidak dikuasai ITCI lagi, melainkan dikuasai oleh Prabowo Subianto.

Sementara itu, Jubir Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto Dahnil Azhar membantah Prabowo Subianto memiliki lahan di ibu kota baru tersebut.

Ia menjelaskan, lahan yang disebut-sebut dimiliki Prabowo Subianto merupakan dikelola Arsari Group yang merupakan perusahaan milik adik Prabowo, Hashim Djojohadikusumo.

“Lahan di Kalimantan Timur adalah lahan milik Arsari Group bukan milik Pak Prabowo. Seperti yang disampaikan Presiden, kan ibu kota akan dibangun di tanah milik pemerintah sendiri, bukan milik pihak lain,” ujarnya.(oz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here