Dana Desa 2019, Desa Taman Cari Realisasikan 20% Tahap Pertama

3

Lampung Timur – Program dana desa yang di anggarkan pemerintah pusat melalui Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) secara marathon berguyur setiap tahunnya, dengan tujuan mengentaskan kesenjangan pembangunan antar desa dan memperkuat masyarakat desa sebagai subjek dari pembangunan, melalui proses Pemerintah Kabupaten/Kota yang tersalurkan pada setiap desa di segala penjuru Indonesia.

Tersalurnya Dana Desa (DD) yang bertujuan mengentaskan kesenjangan pembangunan antar desa, memperkuat masyarakat desa sebagai subjek dari pembangunan. Hal ini juga berlangsung pada Desa Taman Asri Kecamatan Purbolinggo Kabupaten Lampung Timur.

Guna mengentaskan kesenjangan antar desa yang bertujuan memperkuat masyarakat desa sebagai subjek dari pembangunan, bersama Dana Desa (DD) Tahun 2019 tahap pertama 20% di Desa Taman Cari Kecamatan Purbolinggo Kabupaten Lampung Timur.

Sugianto Edi Susanto. SH Kepala Desa Taman Casri Kecamatan Purbolinggo Kabupaten Lampung Timur memaparkan  terkait realisasi 20% Dana Desa (DD) tahun 2019 tahap pertama pada Haluanlampung.com, Selasa (10/9/2019) saat di temui di kediamannya.

“Untuk di tahap pertama Dana Desa (DD) Tahun 2019 Desa Taman Cari Kecamatan Purbolinggo 20% tahap pertama di alokasikan dan terealisasi. Untuk di fisiknya 20% tahap pertama kami alokasikan pada pemberdayaan air bersih/sumur bor,” kata Sugianto Edi Susanto. SH

Dan juga untuk tahap pertama bangunan fisik juga sudah terealisasikan pada Saluran Air (Drainase) di Dusun II, III, IV dan V dengan panjang 1.200 meter. Untuk pengerjaan, kata dia tenaga kerja kami utamakan dari masyarakat sendiri hingga manfaat dari dana desa ini bisa langsung di rasakan.

“Mengenai pelaksana pembangunanan saya percayakan pada Edi Purwoko selaku Tim Pengelola Kegiatan (TPK) di dampingi Sidik selaku Pendamping Lokal Desa (PLD) bersama Gunadi  Pendamping Desa (PD). Dan saya harapkan selalu berkordinasi dalam pelaksanaan pembangunan serta mengutamakan kwalitas bangunan yang sesuai dengan juklak dan juknisnya, karena dalam hal ini saya bertanggung jawab pada anggaran dana desa dalam membangun desa Taman Cari,” jelas Sugianto sapaan akrabnya.

Sementara, Edi Purwoko selaku Tim Pengelola Kegiatan (TPK) Desa Taman Cari Kecamatan Purbolinggo Kabupaten Lampung Timur menambahkan, untuk tahap pertama 20% dana desa 2019 kami realisasikan pada bangunan fisik sumur bor 1 unit di dusun II dan pembangunan saluran buangan air/drainase di dusun II, III, IV dan V.

“Juga untuk pemberdayaan masyarakat Insentif Guru Paud, dan Para Kader serta pada pengerjaan bangunan kami sesuaikan pada juklak dan juknis yang sudah di tentukan oleh Pemerintah Kabupaten Lampung Timur,” terang Edi Purwoko.(Hamami)

Haluan TV APK